Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133993
Title: Pengaruh masuknya perusahaan baru pada pasar oligopoli
Authors: Lesmana, Donny C
Hanum, Farida
Susanti, Yeni
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Oligopoli adalah salah satu bentuk pasar yang terdiri atas beberapa perusahaan. Suatu oligopoli ditandai oleh sejumlah kecil perusahaan yang sadar bahwa mereka sangat bergantung satu dengan yang lain dalam kebijakan menentukan harga dan output mereka. Hal ini berpengaruh pada keuntungan perusahaan karena tujuan setiap perusahaan adalah ingin memaksimumkan keuntungan. Pada oligopoli, perusahaan-perusahaan baru tidak bebas untuk masuk ke dalam pasar seperti pada pasar persaingan sempurna karena pada oligopoli ada rintangan-rintangan yang menghalangi perusahaan- perusahaan baru untuk masuk ke dalam pasar. Dengan menggunakan model oligopoli Cournot akan dibahas bagaimana pengaruh dari masuknya perusahaan baru terhadap output tiap perusahaan, total output, keuntungan tiap perusahaan dan total keuntungan. Pengaruh dari masuknya perusahaan-perusahaan baru menyebabkan total output meningkat sedangkan output tiap perusahaan menjadi turun. Karena adanya keuntungan ekonomi, maka perusahaan-perusahaan baru akan masuk ke dalam pasar, akibatnya keuntungan tiap perusahaan dan total keuntungan menjadi turun. Kegiatan masuk pasarnya perusahaan-perusahaan baru ini akan mengurangi keuntungan hingga mencapai nol.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133993
Appears in Collections:UT - Mathematics

Files in This Item:
File SizeFormat 
G04ysu.pdf
  Restricted Access
2.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.