Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133793
Title: Analisis pelayanan vena plaza internet di mata konsumen
Authors: Matjik, A. A.
Wijayanto, Hari
Kristiyaningsih, Ester
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Vena Plaza Internet sebagai salah satu warnet yang besar di Bogor juga membutuhkan informasi tentang kepuasan konsumennya. Menjamurnya usaha warung internet di Bogor mau tidak mau merupakan suatu tantangan tersendiri bagi pengelola Vena Plaza Internet untuk memenangkan kompetisi bisnis ini. Oleh sebab itu penelitian tentang kepuasan konsumen pengguna Vena Plaza Internet sangat diperlukan untuk menempatkan kepuasan konsumen atau pelanggan sebagai nilai yang, penting bagi perusahaan. Penelitian tentang Analisis Kepuasan Konsumen Vena Plaza Internet bertujuan untuk mengetahui penilaian pengguna terhadap kualitas pelayanan Vena, mengetahui aspek-aspek utama kebutuhan pengguna internet, mengetahui masalah-masalah yang ada dalam pelayanan vena serta mengetahui loyalitas pengguna Vena Plaza internet. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar pengguna jasa Vena Plaza Internet yang ada menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan selama ini. Meskipun demikian peningkatan kualitas khususnya untuk aspek kasat mata perlu terus dilakukan. Dengan analisis Importance dan Performance Vena Plaza Internet, dapat diketahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan oleh manajemen adalah penataan ruang, setting privacy konsumen, kelengkapan software, adanya AC, kecepatan akses, kestabilan software, pemanfaatan headset, scroll mouse dan disk drive serta iklan dan program khusus untuk menarik konsumen. Sedangkan aspek- aspek tak kasat mata yang perlu diperhatikan adalah kecepatan dan ketanggapan pegawai dalam melakukan pencatatan dan pembayaran, ketrampilan pegawai dalam mengatasi permasalahan teknis serta kemampuan pegawai dalam membimbing pengguna yang kesulitan. Masalah yang sering dialami pengguna Vena Plaza internet ketika memakai jasa sewa internet adalah lambatnya akses internet dan ketidak stabilan software. Sehingga perbaikan pada aspek tersebut menjadi prioritas utama yang harus dilakukan Vena Plaza Internet. Vena Plaza Internet memiliki pelanggan yang akan tetap memakai jasa sewa internet di Vena Plaza Internet walaupun harga dinaikkan. Akan tetapi kenaikan harga ini belum tentu meningkatan pendapatan Vena, sebab ada pula pelanggan yang akan pindah ke warnet lain apabila pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan harapan pelanggan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133793
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G04EKR.pdf
  Restricted Access
1.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.