Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133789| Title: | Perbandingan kinerja asuransi pendidikan syariah dan konvensional |
| Authors: | Juanda, Bambang Zamachsyari, Muhammad Salma |
| Issue Date: | 2004 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Sistem asuransi yang lebih dulu dikenal adalah sistem asuransi Konvensional, yang investasi dananya berdasarkan bunga. Banyaknya kalangan yang berbeda pendapat tentang pemberian bunga sebagai investasi dana mengakibatkan timbulnya alternatif lain dalam berasuransi yaitu berdirinya asuransi Syariah yang investasi dananya dengan sistem bagi hasil. Adanya perbedaan kinerja antara asuransi Syariah dan Konvensional dianalisa dengan melakukan percobaan ekonomi khususnya pada jenis asuransi pendidikan. Percobaan ini dilakukan untuk mengontrol keberadaan faktor-faktor lain di luar faktor yang kita amati. Dari hasil percobaan ekonomi yang dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2004 menunjukkan bahwa semua peserta (20 peserta Syariah dan 20 peserta Konvensional) ikut bertransaksi untuk setiap periode. Rata-rata peserta menetapkan premi yang besar pada asuransi Syariah daripada asuransi Konvensional karena adanya sistem bagi hasil pada asuransi ini. Rata-rata profit peserta asuransi Syariah dengan investasi tinggi lebih unggul daripada asuransi Konvensional dengan investasi tinggi. Sedangkan profit peserta asuransi Syariah dengan investasi rendah lebih kecil daripada asuransi Konvensional dengan investasi tinggi dan rendah. Rata-rata profit perusahaan asuransi Syariah lebih besar daripada rata-rata profit perusahaan asuransi Konvensional. Hal ini dikarenakan risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi Syariah lebih kecil daripada risiko yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi Konvensional. |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133789 |
| Appears in Collections: | UT - Statistics and Data Sciences |
Files in This Item:
| File | Size | Format | |
|---|---|---|---|
| G04SAL.pdf Restricted Access | 1.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.