Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133438
Title: Efek Invigorasi terhadap Viabilitas dan Vigor Benih, Pertumbuhan Tanaman dan Hasil Beberapa Lot Benih Varietas Kacang Tunggak (Vigna unguiculata L. Walp.)
Other Titles: Effect of Invigoration on Seed Viability and Vigor, Plant Growth and Yield of Several Seed Lot Varieties of Cowpea (Vigna unguiculata L. Walp.)
Authors: Ilyas, Satriyas
Syukur, Muhamad
Ghazali, Imam
Issue Date: 28-Dec-2023
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui efek invigorasi terhadap viabilitas dan vigor benih, pertumbuhan tanaman dan hasil dari beberapa lot benih varietas kacang tunggak yang telah mengalami penyimpanan. Penelitian terdiri atas dua percobaan. Percobaan pertama menggunakan rancangan acak lengkap faktorial dengan dua faktor yaitu lot benih (kombinasi varietas dan umur simpan) dan perlakuan invigorasi benih. Lot benih terdiri atas lima taraf, yaitu varietas Albina umur simpan 1 tahun 6 bulan (V1A1), varietas Albina umur simpan 1 tahun 2 bulan (V1A2), varietas Tampi umur simpan 3 tahun 5 bulan (V2A3), varietas KT-7 umur simpan 3 tahun 5 bulan (V3A3), varietas Uno umur simpan 1 tahun 5 bulan (V4A4). Perlakuan invigorasi terdiri atas tiga taraf, yaitu kontrol (I0), hydropriming dengan aerator selama 16 jam pada suhu 20 ºC (I1), dan matriconditioning dengan arang sekam (0,5 mm) dengan rasio benih, arang sekam, dan air 1:0,4:0,5 (b/b/v) selama 18 jam pada suhu 20 ºC (I2). Percobaan kedua dilakukan di lapangan menggunakan rancangan kelompok lengkap teracak faktorial. Faktor yang diujikan sama seperti yang digunakan pada percobaan pertama. Perlakuan invigorasi hydropriming dengan aerator dan matriconditioning dengan arang sekam pada benih kacang tunggak yang telah mengalami penyimpanan masih dapat mempertahankan viabilitas dan vigor benih serta pertumbuhan vegetatif tanaman meskipun tidak berbeda nyata dengan kontrol, kecuali lot benih V1A1 dan V1A2 pada perlakuan hydropriming serta lot benih V1A2 pada perlakuan matriconditioning yang berefek negatif. Kedua perlakuan invigorasi benih tidak berpengaruh nyata pada tolok ukur fase generatif dan hasil tanaman kacang tunggak.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133438
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover774.65 kBAdobe PDFView/Open
Full teks.pdf
  Restricted Access
Full teks1.43 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran382.58 kBAdobe PDFView/Open
scan.pdf
  Restricted Access
Lembar pengesahan469.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.