Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133326| Title: | Collaborative Governance dalam Optimalisasi Program Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pendidikan Keaksaraan di Kabupaten Lebak |
| Other Titles: | Collaborative Governance in Optimizing Community Empowerment Programs in the Literacy Education in Lebak Regency |
| Authors: | Sumardjo Sarma, Ma'mun Indriani, Nisa |
| Issue Date: | 27-Dec-2023 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Pendidikan merupakan hal utama di era globalisasi seperti saat ini,
pendidikan dapat diperoleh melalui jalur formal dan non-formal. Indonesia
memiliki angka buta huruf yang tinggi. Jumlah buta huruf usia 15 tahun ke atas
menurut data Susenas Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 menunjukkan 1,56
persen atau 2.739.438, sementara 98,44 persen penduduk Indonesia sudah melek
aksara. Pendidikan tidak terlepas dari penunjang aspek kehidupan buta aksara dapat
menyebabkan kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan dan ketidakberdayaan
masyarakat. Indonesia merupakan wilayah strategis dengan penduduk yang
heterogen serta sumber daya yang melimpah yang dimanfaatkan untuk
kesejahteraan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat adalah sebuah proses untuk
mewujudkan kemandirian masyarakat atau community self-reliance.
Provinsi Banten merupakan wilayah penyanggah ibukota, namun
berdasarkan data BPS pada tahun 2022 sebesar 0,69 persen penduduk usia 15 tahun
ke atas buta huruf. Salah satu wilayah di Provinsi Banten yang masih terdapat
penduduk buta huruf adalah Kabupaten Lebak. Angka melek huruf di Kabupaten
Lebak berdasarkan data BPS tahun 2021 yaitu 95,97 persen, artinya masih ada
sekitar 4,03 persen masyarakat buta huruf. Melalui program pemberdayaan
masyarakat bidang pendidikan keaksaraan sesuai yang tercantum dalam Renstra
Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) diharapkan
masyarakat menjadi bebas buta aksara dan memiliki kompetensi keberaksaraan
yaitu pengetahuan, keterampilan, dan karakter. Masyarakat memiliki kecakapan
untuk mengikuti pendidikan lanjutan, terjun ke masyarakat, dan bekerja
(berwirausaha).
Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: (1) Mendeskripsikan collaborative
governance dalam optimalisasi program pemberdayaan masyarakat bidang
pendidikan keaksaraan, (2) menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap
partisipasi dan keberdayaan masyarakat dalam program pemberdayaan masyarakat
bidang pendidikan keaksaraan, dan (3) merumuskan alternatif strategi dalam
optimalisasi program pemberdayaan masyarakat pada bidang pendidikan
keaksaraan.
Sampel pada penelitian ini 200 warga belajar dari tiga lembaga di
Kabupaten Lebak, Banten penentuan sampel dengan sensus. Pendekatan yang
digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis data dengan SEM, dan rumusan strategi
dari hasil Partial Least Square Analisis. Hasil dari penelitian bahwa telah terjalin
tata kelola kolaboratif antara pemerintah pusat, daerah, lembaga, dan masyarakat.
Tata kelola kolaboratif dalam optimalisasi program pemberdayaan masyarakat
bidang pendidikan keaksaraan memberikan pengaruh pada tingkat partisipasi dan
tingkat keberdayaan masyarakat.
Faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi tingkat partisipasi pada
program ini adalah dukungan eksternal, tingkat kolaborasi, elemen optimalisasi,
dan karakteristik warga. Sedangkan, faktor yang mempengaruhi secara signifikan
tingkat keberdayaan adalah tingkat kolaborasi, tingkat partisipasi, dukungan
eksternal, karakteristik warga, sementara elemen optimalisasi tidak memberikan
pengaruh signifikan. Beberapa program yang seyogyanya dijadikan sebagai
alternatif rujukan strategi yaitu peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia dan
mengembangkan aplikasi berbasis daring yang dapat mempermudah proses
pendataan mulai dari tahap awal, proses, hingga akhir. Melaksanakan program
merdeka belajar berbasis inklusif dan kolaboratif, program keberlajutan Keaksaraan
Usaha Mandisi (KUM) serta pendampingan literasi yang dinisiasi oleh Taman
Bacaan Masyarakat (TBM). Education is a paramount factor in the current era of globalization. Education can be obtained through both formal and non-formal pathways. Indonesia faces a high illiteracy rate, with data from the National Socioeconomic Survey (Susenas) by the Central Statistics Agency (BPS) in 2021 showing that 1.56 percent or 2,739,438 people aged 15 and above are illiterate, while 98.44 percent of the Indonesian population is already literate. Education is intricately connected to various aspects of life, and illiteracy can lead to poverty, underdevelopment, ignorance, and community disempowerment. Indonesia, with its diverse population and abundant resources, is a strategically important region that can be leveraged for the welfare of its people. Community empowerment is a process aimed at achieving community self-reliance. Banten Province serves as a supporting region for the capital city, and according to BPS data from 2022, 0.69 percent of the population aged 15 and above is illiterate. One area in Banten Province where illiteracy is still prevalent is Lebak Regency. Based on BPS data from 2021, the literacy rate in Lebak Regency is 95.97 percent, which means that approximately 4.03 percent of the population is still illiterate. Through community empowerment programs in the literacy education, as outlined in the Strategic Plan of the Directorate of Community Education and Special Education (PMPK), it is hoped that the community can become literate, possess literacy competencies encompassing knowledge, skills, and character, and be equipped to pursue further education, engage in community activities, and work (entrepreneurship). This research has three primary objectives: (1) to describe collaborative governance in optimizing community empowerment programs in the field of literacy education, (2) to analyze the factors influencing community participation and empowerment in literacy education programs, and (3) to formulate alternative strategies for optimizing community empowerment programs in the field of literacy education. The research sample consists of 200 respondents from three institutions in Lebak Regency, Banten, and the sample is determined through a census approach. The research employs a descriptive analysis, data analysis using Structural Equation Modeling (SEM), and the formulation of strategies based on the results of Partial Least Square Analysis. The research findings indicate that collaborative governance has been established among the central government, local authorities, institutions, and the community. Collaborative governance in optimizing community empowerment programs in literacy education significantly affects community participation and empowerment levels. Significant factors influencing program participation include environmental support, collaboration level, optimization elements, and community characteristics. Meanwhile, significant factors influencing empowerment levels are collaboration level, participation level, environmental support, and community characteristics, while the optimization element does not have a significant impact. Some programs that could serve as alternative reference strategies include enhancing human resource capacity and developing online-based applications to streamline the data collection process from the initial stages to completion. Implementing inclusive and collaborative independent learning programs, the Literacy Entrepreneurship Program (KUM), and literacy support initiated by Community Reading Centers (TBM). |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133326 |
| Appears in Collections: | MT - Economic and Management |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| TESIS NISA INDRIANI.pdf Restricted Access | Fulltext | 2.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.