Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133049
Title: Prototipe sistem kuesioner berbasis web untuk evaluasi kinerja dosen : Studi kasus jurusan Ilmu Komputer
Authors: Rachmaniah, Meuthia
Buono, Agus
Mera, Yuhertis
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Terkait dengan diberlakukannya otonomi perguruan tinggi di beberapa perguruan tinggi negeri yang menuntut sumber daya manusia yang berkualitas, maka kontrol terhadap kinerja pegawai sangat perlu mendapatkan perhatian. Salah satu komponen sumber daya manusia tersebut yaitu dosen. Di lingkungan IPB khususnya FMIPA, evaluasi kinerja dosen baik tetap maupun tidak tetap di tingkat jurusan/program studi dalam bentuk kuesioner telah dilakukan jauh sebelum otonomi perguruan tinggi berjalan. Hingga saat ini, dimana otonomi telah berjalan beberapa waktu, evaluasi kinerja dosen masih dilakukan secara manual dengan meminta persepsi dari mahasiswa melalui kuesioner tanpa menunjukkan hasil dan manfaat yang dapat digunakan sebagai motivasi bagi para dosen untuk meningkatkan kinerjanya. Pada penelitian ini dirancang dan dikembangkan suatu sistem kuesioner berbasis web yang dapat menerima input, mengolah, menyajikan output dengan cepat dan mudah sehingga lebih relevan dengan kondisi otonomi sekarang ini, meskipun masih dalam bentuk prototipe. Pada sistem kuesioner peran aktif mahasiswa sangat diperlukan dalam memberikan penilaian terhadap kinerja dosen pengajarnya. Pada sistem ini seorang dosen dievaluasi berdasarkan 13 indikator kinerja, dimana setiap indikator memiliki bobot yang berbeda satu sama lain. Pemberian bobot tiap-tiap indikator didasarkan atas faktor kepentingannya dan dihitung berdasarkan persepsi mahasiswa melalui pre-kuesioner. Bobot pada indikator tertentu akan lebih besar dari yang lain jika memiliki kepentingan lebih tinggi. Sistem kuesioner diimplementasikan dengan memanfaatkan teknologi web seperti HTML, VbScript, JavaScript dan ASP sehingga aplikasi dapat lebih menarik, interaktif dan dinamis. Pada sistem kuesioner ini dapat dikeluarkan hasil berupa skor, tabel dan grafik. Skor ini dapat digunakan sebagai salah satu tolak ukur bagi dosen untuk meningkatkan kinerja dan kualitasnya dalam proses belajar mengajar. Selain berguna bagi dosen, skor ini juga bisa berguna bagi institusi untuk mengetahui perkembangan kinerja seorang dosen berdasarkan persepsi mahasiswa dari tahun ke tahun dan juga bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat kebijaksanaan dalam proses belajar mengajar. Penggunaan hasil kuesioner harus dipertimbangkan dengan bijak mengingat kuesioner merupakan alat penilaian yang bersifat subjektif. Namun perancangan dan pengolahan hasil kuesioner telah diupayakan semaksimal mungkin untuk dapat memenuhi tujuan dibangunnya prototipe sistem kuesioner.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133049
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
G02yme.pdf
  Restricted Access
5.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.