Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133004
Title: Pengembangan sistem pengajaran berbantuan komputer berbasis multimedia : Studi kasus materi pelajaran fisika
Authors: Seminar, Kudang Boro
Herdiyeni, Yeni
Sumaryada, Tony Ibnu
Fitrini, Yeni
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Metode pengajaran terus berkembang mulai dari metode sederhana sampai penggunaan teknologi, termasuk komputer. Banyak penelitian dilakukan untuk menyelidiki bagaimana teknologi komputer dapat memajukan dunia pendidikan. Komputer dalam dunia pendidikan terbagi atas bidang pengajaran dan non pengajaran. Pengajaran Berbantuan Komputer (Computer Assisted Instruction) termasuk ke dalam kategori pengajaran komputer di bidang pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem pengajaran berbantuan komputer berbasis multimedia untuk mata pelajaran Fisika yang dapat digunakan oleh pelajar ataupun mahasiswa untuk membantun memahami pelajaran, memberikan alternatif cara belajar dan meningkatkan minat dan motivasi untuk mempelajari ilmu Fisika. Sistem Pengajaran Berbantuan Komputer dibangun dengan menggunakan tahapan dalam Model Perancangan Pengajaran Berbantuan Komputer. Sistem yang dibangun terdiri dari dua modul yaitu Modul Tutorial dan Modul Latihan Soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komputer sebagai metode pengajaran memungkinkan para siswa mengatur kecepatan belajar, banyaknya pelajaran, dan urutan pelajaran. Namun, penggunaan komputer sebagai alat pengajaran belum dapat menggantikan peran guru/pengajar. Hal ini disebabkan adanya faktor-faktor yang hanya dimiliki manusia seperti pemberian motivasi, bimbingan dan pendekatan. Maka komputer hendaknya dipandang sebagai pelengkap pengajaran dan bukan pengganti peran guru/pengajar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133004
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
G02yfi.pdf
  Restricted Access
5.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.