Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132999
Title: Prototipe sistem penunjang keputusan helpdesk
Authors: Rachmaniah, Meuthia
Buono, Agus
Hilaluddin
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Sistem Penunjang Keputusan (SPK) adalah sistem kornputer pada tingkat manajemen organisasi untuk menghubungkan data, sebagai perangkat analisa serta menunjang proses pembuatan keputusan dengan model semi terstruktur dan tak terstruktur. SPK lebih mementingkan efektifitas dibandingkan efesiensi. SPK menyediakan informasi untuk memecahkan masalah (problem solving) serta kemampuan komunikasi. Sejauh ini para engineer dalam pekerjaannya sebagai tenaga system support yang sehari-hari membantu menangani masalah yang berhubungan dengan komputer berpegang pada prosedur penanganan yang diperoleh dari buku petunjuk (teori) maupun berdasarkan pengalaman. Untuk lebih memudahkan para engineer maka, dibuatlah sistem ini untuk menghimpun semua data-data permasalahan dengan disertai solusi pemecahannya, sehingga dengan demikian akan diperoleh waktu pemecahan (solution time) yang relatif singkat. Penelitian ini akan melakukan pendekatan sistem penunjang keputusan dalam menanganai masalah yang terjadi berkaitan dengan software maupun hardware di tingkat pengguna pada sebuah perusahaan di Jakarta. Untuk keperluan pengembangan sistem dalam penelitian ini digunakan paket software Microsoft Visual Basic versi 5.0 sedangkan untuk database engine digunakan paket software Microsoft Acces versi 97. Secara umum ada dua sasaran utama yang ingin dicapai dalam pengembangan sistem ini. Yang pertama adalah memberikan informasi keputusan tindakan yang sebaiknya dilakukan dalam menangani masalah software atau harchware yang terjadi di tingkat pengguna. Sasaran kedua yaitu menyediakan fasilitas informasi pengetahuan sebagai bahan pembelajaran bagi helpdesk engineer dalam melakukan tugasnya sehari-hari. Desain untuk memberikan input terhadap suatu kriteria masalah telah dibuat sedemikian rupa agar pengguna dapat dengan mudah menggunakannya. Pada window ini pengguna dipandu oleh program untuk memilih kriteria masalah yang terjadi dilapangan. Kriteria yang disediakan meliputi pencarian berdasarkan: Group problem, Sub group problem, User Problem. Dari semua penelusuran input serta penentuan kriteria solution time yang dilakukan oleh pengguna maka program akan menampilkan output berupa keputusan solusi tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh pengguna (dalam hal ini engineer).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132999
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
G02hil.pdf
  Restricted Access
4.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.