Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132486
Title: Pengaruh Interaksi Guru-Siswa dan Kualitas Pertemanan terhadap Motivasi Akademik Siswi Pesantren Modern Pasca Pembelajaran Jarak Jauh
Other Titles: The Effect of Teacher-Student Interaction and Friendship Quality on Academic Motivation of Modern Islamic Boarding School Female Students after Distance Learning
Authors: Alfiasari
Thoyyibah, Kalimah
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Pandemi Covid-19 yang mereda membuat pemerintah membuat keputusan bahwa pembelajaran akan kembali dilakukan tatap muka di kelas. Pesantren beradaptasi kembali setelah pembelajaran jarak jauh usai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi guru-siswa dan kualitas pertemanan terhadap motivasi akademik para siswi pesantren modern pasca PJJ. Penelitian dilakukan dengan desain explanatory study yang melibatkan 112 responden siswi pesantren modern terpilih. Pengambilan data dilakukan secara self-administered di sekolah melalui kuesioner yang disebarkan secara langsung di kelas. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensia berupa uji korelasi dan uji regresi linier berganda. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa kelas remaja berhubungan signifikan negatif dengan interaksi guru-siswa. Pendapatan keluarga berhubungan signifikan positif dengan kualitas pertemanan. Lama tinggal di pesantren berpengaruh signifikan negatif dengan motivasi akademik. Hasil uji pengaruh menunjukkan lama tinggal di pesantren, interaksi guru-siswa, dan kualitas pertemanan berpengaruh signifikan positif terhadap motivasi akademik siswi pondok pesantren modern pasca PJJ
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132486
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover478.19 kBAdobe PDFView/Open
I24170030_Kalimah Thoyyibah.pdf
  Restricted Access
Fulltext701.16 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran131.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.