Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132454
Title: Mempelajari Pengembangan Merek Speedy (Studi Kasus pada PT Telkom Divre II Jakarta Kandatel Bogor)
Authors: Herlina, Lien
Shidiq, R. Ismangil
Issue Date: 2005
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Perkembangan teknologi telekomunikasi akses pita lebar (broadband) begitu cepat. Sehingga PT Telkom sebagai perusahaan BUMN yang memiliki jaringan akses terluas di Indonesia terus berupaya untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dan meningkatkan kemampuannya sehingga menjadi terdepan dalam perkembangan teknologi komunikasi. Sebuah terobosan baru dalam teknologi broadband telah dilakukan PT Telkom dengan meluncurkan produk bermerek Speedy. Sebagai sebuah produk layanan yang baru diluncurkan, diperlukan adanya suatu strategi dalam memasarkannya. Namun, sebenarnya produk ini merupakan pengembangan dari produk sebelumnya yang telah dikeluarkan oleh PT Telkom dengan merek ASTINetMMA. Perubahan merek dari ASTINetMMA menjadi Speedy ini sangat diperlukan oleh PT Telkom agar menghasilkan sebuah merek unggul, melihat hal tersebut maka manajemen merek sangat diperlukan agar menghasilkan sebuah merek unggul yang nantinya akan mampu mendatangkan keuntungan-keuntungan bagi perusahaan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan magang ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi perubahan merek ASTINetMMA menjadi merek baru bernama Speedy, mengidentifikasi faktor-faktor pengembangan merek Speedy yang sedang dijalankan oleh PT Telkom saat ini dalam membangun merek yang unggul, melakukan pemecahan masalah yang berkaitan dengan pengembangan merek Speedy dengan membentuk kelompok kerja di perusahaan, serta merekomendasikan faktor-faktor yang terkait dalam pengembangan merek dari hasil evaluasi kelompok kerja, sesuai dengan tujuan perusahaan dalam melakukan manajemen merek. Pengumpulan data diperoleh dari data primer dan sekunder. Metode riset yang digunakan dalam kegiatan magang bersifat kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam (depth interview) dan teknik observasi. Hasil dari identifikasi yang diperoleh diolah secara deskriptif untuk kemudian disesuaikan dengan teori yang ada. Dari hasil pelaksanaan magang diperoleh beberapa faktor yang melatarbelakangi perubahan merek ASTINetMMA menjadi Speedy. Salah satunya yaitu merek ASTINetMMA dianggap kurang mencerminkan kemampuan produk layanan internet tersebut di era persaingan yang sangat ketat. Faktor yang mempengaruhi strategi pengembangan merek yaitu: identitas merek, nilai proposisi merek, posisi merek, pelaksanaan (komitmen), complex brand strategies and relationship, tekanan dalam persaingan harga dan perubahan teknologi yang mengakibatkan perlunya suatu inovasi. Hal-hal yang terkait dengan pengembangan merek yang sedang dijalankan perusahaan berupa penambahan bandwith, peningkatan pelayanan proses penjualan, pelaksanaan kerjasama serta penyelenggaraan program-program yang menggunakan fasilitas internet kepada masyarakat. Permasalahan yang dihadapi yaitu penanganan terhadap klaim yang masih kurang, bagaimana mempersepsikan keterangan pemberian layanan kecepatan akses up to 384 Kbps dan 512 Kbps serta cara pembayaran Speedy yang masih dilakukan secara manual.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132454
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H05ris.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.