Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132285
Title: Deskripsi prestasi akademik mahasiswa IPB: Studi kasus mahasiswa TPB-IPB angkatan 1997 - 1999
Authors: Wijayanto, Hari
Kurnia, Anang
Suparidah, Didah
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari bagaimana prestasi mahasiswa yang diterima melalui jalur USMI dan UMPTN serta bagaimana pola sebaran prestasi mahasiswa program studi di TPB-IPB berdasarkan peubah NEM dan IPK-TPB. Metode yang digunakan untuk melihat pola sebaran itu adalah metode kernel yang merupakan salah satu metode pendugaan fungsi peluang. Secara umum mahasiswa yang paling unggul khususnya mahasiswa lewat jalur USMI terdapat pada program studi Ilmu Komputer dan Statistika, sedangkan pada jalur UMPTN adalah program studi Teknologi Pangan (F02). Program studi dari jalur USMI yang memiliki pola sebaran yang paling buruk berdasarkan tolok ukur NEM adalah Biokimia (G08), sedangkan pada jalur UMPTN adalah Teknologi Produksi Ternak (D01). Sedangkan program studi yang memiliki pola sebaran yang paling buruk berdasarkan nilai IPK-TPB pada jalur USMI maupun UMPTN adalah Sosial Ekonomi Perikanan (C04). Proporsi mahasiswa yang masuk lewat jalur UMPTN pada program studi Matematika dan Fisika sebaiknya diturunkan dan proporsi mahasiswa lewat jalur USMI sebaiknya ditingkatkan, sedangkan secara umum tidak ada perubahan berarti kearah perpindahan yang berbeda sehingga dapat ditarik kesimpulan proporsi mahasiswa TPB-IPB secara keseluruhan sebaiknya tetap pada proporsi USMI dan UMPTN semula yaitu 75:25. Perpindahan kelompok pola sebaran ke arah kanan pola sebaran populasi sebagian besar didominasi oleh mahasiswa di jalur USMI bahkan cenderung mengalami peningkatan prestasi ketika menempuh pendidikannya di TPB-IPB.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132285
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G02dsu.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.