Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132248
Title: Analisis Sikap Konsumen dan lmplikasinya Terhadap Baurari Pemasaran Produk Sosis PD. Badranaya Bandung
Authors: Baga, Lukman M.
Krisnamurthi, Y. Bayu
Sembiring, Carolina Florencia
Issue Date: 1997
Publisher: IPB University
Abstract: PD. Badranaya merupakan perusahaan penghasil daging olahan sapi dan ayam yang cukup bermutu dan higienis, serta merupakan pelopor perusahaan sosis daging pertama di Indonesia. Namun demikian, kegiatan pemasaran perusahaan dinilai tidak berjalan sebagaimana m stinya, dalam artian program pemasaran tidak berjalan secara efektif. Dari hasil·pengamatan pendahuluan terdapat beberapa masalah bauran pemasaran yang teridentifikasi yaitu : 1). Pengemasan produk dinilai masih belum sempurna, karena penjelasan mengenai media _memasak serta penyimpanan di lemari pendingin belum ada. 2). Penetapan harga penyalur terlalu bebas, sehingga terjadinya perbedaan harga pada berbagai tempat penjualan produk. 3). Promosi perusahaan untuk berbagai produk, khu usnya sosis sapi yang .memiliki pangsa pasar terbesar, belum menunjukkan peningkatan yang berarti. Hal ini ditunjukkan dengan masih ada ebagian konsumen yang tidak mehgetahui keberadaan produk perusahaan serta ditunjang dengan rendahnya skor responden terhadap promosi. 4). Penyaluran p oduk selama ini belum merata, termasuk ketersediaan dari jumlah dan jenis produk itu sendiri, mengakibatkan keterbatasan konsumen dalam mengkonsumsi produk perusahaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka geladikarya ini ditujukan untuk menganalisa strategi pemasaran yang telah dilakukan .perusahaan selama ini. Selain itu, geladikarya ini ditujukar:, untuk memberikan alternatif pemecahan masalah dalam upaya meniberikan masukan bagi perusahaan dalam menetapkan strategi-strategi yang berkaitan dengan pemasaran produk sosis. Metode analisis yang dig_unakan adalah analisis m_ultiatribut model Fishbein. Analisis ini digunakan untuk mengetahui seberapa· kuat kepercayaan konsumen terhadap produk dibandingkan dengan skala evaluasi yang ada, mampu. menunjukkan atribut produk manakah yang memiliki skor terkecil atau terbesar, berdasarkan hasil analisis terhad_p 21 responden, geladikarya ini menghasilkan beberapa hal : 1. Desain kemasan produk sosis secara fisik dinilai baik. Atribut lainnya yang· menyangkut ukuran; rasa, warna juga baik. Untuk atribut lainnya yaitu daya tahan produk adalah kompetitif dengan· pesaing, sel;iangkan atrlbut · label masih belum baik, karena label pada kem san kurang jelas terutama untuk sosis sapi ukuran 1 kilogram. lnformasi yang rinci tentang penggunaan dan penyimpanan juga tidak tercantum pada kemasan. 2. Penetapan harga yang tidak seragam pada semua pasar baik itu tradisional maupun swalayan, karena adanya kebebasan penetapan harga dari perusahaan kepada distributor. Waiau harga produk perusahaan lebih sedikit mahal dari harga pesaing, umumnya responden mengatakan harga tersebut kompetitif. 3. Promosi yang dilakukan perusahaan selama ini adalah melalui pemasangan iklan di billboard, surat khabar, leaflet, pembagian baju bergambar Badranaya dan lainnya. Namun masih belum berjalan dengan efektif, karena tidak adanya tenaga pemasaran yang dapat menjalankan program.pemasaran dengan gencar secara efektif dan efisien. . ' 4. Ketersediaan produk baik dari jenis maupun jumlah di pasar pasar dan keberadaan produk yang masih jarang ditemui di luar Bandung. 5. Berdasarkan model Fishbein, maka diperoleh nilai evaluasi responden sebesar 23,58 dengan nilai kepercayaan responden terhadap sosis sapi s·ebesar 4,57, untuk cocktail sebesar 1,8 dan untuk sosis sapi rasa pedas adalah sebesar·1,27. Atas dasar temuan-tersebut terlihat. bahwa skor keseluruhan maksimum yang dapat diterima oleh· suatu produk dengan perangkat evaluasi atribut adalah sebesar 23,58 artinya, kepuasan maksimum oleh responden adalah 23,58 semntara kepuasan yang ada hanya sebesar 4,57 .untuk sosis.Sr!3pi, 1,8 l,mtuk cocktail dan 1,27 untuk sosis sapi rasa pedas lebih kecil dan ini menunjukkan besarnya selisih angka evaluasi responden ·dengan angk kepercayaan responden adalah sangat besar yaitu untuk sosis sapi sebesar 19,O1, cocktail sebesar 21,70 dan untuk sosissapi rasa pedas sebesar 22,31 dan besarnya selisih angka evaluasi responden dengan angka kepercayaan responden adalah sangat besar yaitu untuk sosis sapi sebesar 19,01, cocktail sebesar 21,70 dan untuk sosissapi rasa pedas sebesar 22,31 dan besarnya selisih tersebut adalah tidak baik bagi perusahaan karena, atribut-atribut yang telah disusun perus haan selama ini belum maksimal. bagi konsumen, demikian juga dengan bauran pemasaran lain seperti harga, promosi dan distribusi. Apabila angka evaluasi responden adalah sama dengan angka kepercayaan responden terhadap produk, maka strategi perusahaan yang dilakukan selama ini· khususnya bagi bauran pemasaran. produk perusahaan adalah sesuai dengan keinginan konsumen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132248
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS CAROLINA F. SEMBIRING, SE.MM.pdf
  Restricted Access
Fullteks38.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.