Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132081
Title: Analisis Strategi Bisnis Sari Kurma CV Amal Mulia Sejahtera, Bogor
Authors: Suharno
Ridlzal, Yusnizar
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan kontribusi penting bagi perekonomian Indonesia. Data Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tahun 2009 menunjukkan bahwa sektor UMKM mampu menyumbang PDB yang berjumlah lebih dari 2,9 triliun rupiah serta mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 96 juta orang. Salah satu industri kecil dan menengah yang saat ini sedang mengalami pertumbuhan adalah industri herbal. Salah satu produk industri herbal yang sedang mengalami pertumbuhan dan mempunyai potensi untuk dikembangkan adalah sari kurma. CV Amal Mulia Sejahtera merupakan salah satu industri yang bergerak dalam industri sari kurma yang terletak d Jl. Kapten Yusuf 46 Kotabatu Bogor. Dalam kegiatan usahanya, CV Amal Mulia Sejahtera memiliki beberapa kendala diantaranya adalah persaingan dalam industri yang semakin ketat, volume produksi yang belum maksimal, dan kelebihan jumlah tenaga kerja. Hal tersebut menyebabkan keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan mengalami penurunan. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraiakan di atas, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat digunakan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahan. 2) merekomendasikan alternatif dan prioritas strategi yang sesuai dalam pengembangan usaha CV Amal Mulia Sejahtera. Kegiatan penelitian dilakukan pada bulan Juli sampai bulan September 2011. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan pengisian kuesioner. Alat analisis yang digunakan untuk merumuskan startegi dalam penelitian ini menggunakan analisis IFE, EFE, IE, dan QSPM. Analisis lingkungan internal dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, sedangkan analisis faktor eksternal untuk mengetahui peluang dan ancaman yang terdapat pada usaha sari kurma CV Amal Mulia Sejahtera. Kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan adalah hubungan baik dengan pemasok bahan baku, atribut pada produk telah mempunyai perizinan, memiliki distributor yang tersebar di berbagai wilayah, melakukan promosi secara aktif, memiliki sistem keuangan dan administrasi yang rapi, dan komunikasi antar pemilik dan karyawan berjalan dengan baik. Kelemahan CV Amal Mulia Sejahtera adalah terdapat rangkap jabatan penanggung jawab divisi, teknologi yang digunakan masih semi modern, volume penjualan belum stabil, dan kelebihan jumlah tenaga kerja. Berdasarkan faktor eksternal CV Amal Mulia Sejahtera peluang yang dihadapi oleh perusahaan adalah adanya dukungan dari pemerintah terhadap perkembangan industri, berkembangnya tren gaya hidup sehat di masyarakat, pertumbuhan penduduk, perkembangan teknologi, dan peningkatan pendapatan masyarakat. Ancaman yang harus diwaspadai oleh perusahaan adalah hambatan masuk perusahaan baru ke industri sari kurma kecil, perkembangan produk substitusi, kekuatan tawar menawar pembeli tergolong kuat, persaingan yang semakin ketat, dan tingkat inflasi yang fluktuatif. Matriks IFE CV Amal Mulia Sejahtera menunjukkan total nilai sebesar 2,933 dan total matriks EFE sebesar 3,023. Berdasarkan nilai skor pada matriks IFE dan EFE maka posisi perusahaan pada matriks IE berada pada sel II. Pada sel ini usaha sari kurma CV Amal Mulia Sejahtera adalah tumbuh dan kembangkan (grow and build). Strategi yang dapat diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi intensif atau strategi integratif. Alternatif strategi didapatkan dari matriks SWOT dengan cara menggunakan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan. Alternatif strategi dari matriks SWOT kemudian dipetakan pada matriks QSP untuk mengetahui prioritas strategi yang digunakan oleh perusahaan. Alternatif strategi yang diperoleh yaitu: melakukan kerjasama dengan distributor untuk membuat saluran distribusi khusus produk CV AMS, melakukan diferensiasi dan diversifikasi produk, meningkatkan kualitas produk , memperluas jaringan distribusi dengan melakukan pemasaran ke supermarket, melakukan pembagian tugas yang jelas dalam manajemen perusahaan, dan melakukan investasi peralatan yang lebih modern. Strategi yang mempunyai nilai total daya tarik terbesar yaitu melakukan kerjasama dengan distributor untuk membuat saluran distribusi khusus produk CV AMS sebesar 6,27.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132081
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H12yri.pdf
  Restricted Access
Fulltext20.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.