Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131846
Title: Analisis proses keputusan pembelian produk coklat di Kotamadya Bogor
Authors: Kusnadi, Nunung
Indriani, Endang Astri
Issue Date: 2005
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Salah satu makanan yang cukup populer di kalangan anak-anak, remaja dan orang dewasa adalah coklat. Meningkatnya produksi coklat yang dihasilkan oleh industri coklat di Indonesia dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa produk ini semakin diminati oleh masyarakat. Apalagi pada masa sekarang seiring dengan perubahan gaya hidup masa kini, permintaan akan coklat terus meningkat. Hal ini dapat dilihat dari penjualan produk coklat saat ini yang mengalami pertumbuhan sebesar 20 persen. Berdasarkan pooling yang dilakukan oleh sebuah situs, ternyata 41,67 persen para responden kerap menjadikan coklat sebagai makanan yang disukai. Berdasarkan fenomena tersebut, maka hal ini menjadi daya tarik bagi para produsen coklat untuk mengembangkan, meluncurkan dan memproduksi produk coklat yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan untuk meraih pangsa pasar. Hal ini tentu saja menyebabkan semakin banyaknya produk coklat yang dijual di pasaran dengan berbagai rasa, bentuk, kemasan dan merek dagang. Perusahaan coklat domestik menghadapi tantangan yang cukup berat karena pasaran produk coklat ini tidak hanya menghadapi persaingan produk lokal, tetapi juga dari produk impor yang masuk ke pasar domestik. Apalagi pasar untuk produk coklat ini telah lebih dahulu dimasuki oleh produk-produk asing/internasional. Selain itu, produk coklat pada awalnya bukan merupakan produk asli Indonesia, melainkan produk luar. Untuk itu, produsen domestik harus berusaha lebih keras agar produknya dapat bersaing dalam pasar yang kompetitif. Apalagi pada saat ini produk coklat lokal dalam posisi diserang cieh produk impor. Melihat realitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat persaingan antar perusahaan coklat sangat tajam. Untuk dapat bertahan dalam persaingan yang ada, banyak usaha yang dapat dilakukan perusahaan. Mulai dari perbaikan mutu, pengembangan produk, perbaikan saluran distribusi, memahami perilaku konsumen dan sebagainya. Diantara sejumlah kegiatan tersebut, salah satu yang dirasakan penting adalah memahami perilaku konsumen. Dimana pengguna produk coklat tidak hanya remaja, tetapi juga dewasa. Ketatnya persaingan diantara merek-merek coklat tersebut mengharuskan produsen domestik selalu berorientasi pada kepentingan konsumen karena dengan banyaknya perusahaan yang bergerak dalam industri coklat, konsumen akan mempunyai banyak pertimbangan dalam memilih produk coklat. Selain itu, menarik untuk diketahui apa alasan dan faktor dominan yang sebenarnya dipertimbangkan oleh konsumen remaja dan dewasa sehingga mereka mengkonsumsi coklat. Dengan demikian, dari sisi konsumen ini dapat dilihat bagaimana perbedaan perilaku pembelian produk coklat antara konsumen remaja dan dewasa. Memahami usia konsumen adalah penting, karena konsumen yang berbeda usia akan mengkonsumsi produk dan jasa yang berbeda. Selain itu, siklus hidup konsumen akan ditentukan oleh usianya…
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131846
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A05iai.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.