Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131720
Title: Pengaruh visual (packaging) terhadap kesukaan (pleasure) dan niat beli (purchase intention) konsumen pada beras kemasan di Kecamatan Medan Selayang Kota Medan
Authors: Dewi, Febriantina
Gusfisari, Fiqhi Fadillah
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan. Analisis penelitian dibatasi untuk menganalisis pengaruh warna dan ilustrasi pada packaging terhadap kesukaan (pleasure) dan niat beli (purchase intention) konsumen pada beras kemasan di Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan Teori S-O-R (Stimulus-Organism- Response) dengan metode penelitian eksperimental yaitu Quasi Experiment Within Subject melalui pemberian desain packaging melalui media kartu. Analisis Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon digunakan untuk menganalisis pengaruh warna pada packaging terhadap kesukaan dan niat beli konsumen pada beras kemasan di Kecamatan Medan Selayang, dan menganalisis pengaruh ilustrasi pada packaging terhadap kesukaan dan niat beli konsumen pada beras kemasan di Kecamatan Medan Selayang. Uji Beda Mann-Whitney digunakan untuk menganalisisis elemen packaging yang memiliki pengaruh yang dominan terhadap kesukaan dan niat beli konsumen pada beras kemasan di Kecamatan Medan Selayang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 50 responden, sebanyak 40 responden lebih menyukai packaging beras kemasan yang tidak berwarna dan 10 responden menyukai packaging beras kemasan yang berwarna. Pengaruh warna pada packaging terhadap kesukaan juga dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean rank) dan jumlah peringkat bertanda (sum of ranks). Desain packaging yang tidak berwarna memiliki mean rank dan sum of ranks lebih besar yaitu masing-masing 27,84 dan 1.113,50 dibandingkan dengan desain packaging yang berwarna yaitu 16,15 dan 161,50. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kesukaan responden terhadap packaging memiliki kaitan erat dengan niat beli responden pada beras kemasan dengan packaging tersebut. Hal ini dapat dilihat dari nilai mean rank hasil Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon, antara kesukaan dan niat beli yang tidak terlalu berbeda yaitu 18,59 dan 16,15, selain itu terbukti bahwa dari 40 responden yang menyukai packaging tidak berwarna, sebanyak 39 responden berniat untuk membeli beras kemasan dengan packaging tidak berwarna. Dapat disimpulkan bahwa kesukaan berpengaruh signifikan terhadap niat beli responden terhadap beras kemasan dengan packaging yang tidak berwarna . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 responden, sebanyak 42 responden lebih menyukai packaging yang berilustrasi dan sebanyak 8 responden menyukai packaging yang tidak berilustrasi. Pengaruh ilustrasi pada packaging terhadap kesukaan juga dapat dapat dilihat dari rata-rata (mean rank) dan jumlah peringkat bertanda (sum of ranks) pada packaging yang berilustrasi lebih besar yaitu masing-masing 26,93 dan 1.131,00 dibandingkan dengan packaging yang tidak berilustrasi yaitu 18,00 dan 144,00. Berdasarkan hasil Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon, ilustrasi pada packaging beras kemasan juga memiliki pengaruh terhadap kesukaan dan niat beli responden. Hal ini dapat dilihat dari nilai mean rank antara kesukaan dan niat beli yang tidak terlalu berbeda yaitu 26,93 dan 26,52, selain itu terbukti bahwa dari 42 responden yang menyukai packaging berilustrasi, sebanyak 40 responden berniat untuk membeli beras kemasan dengan packaging berilustrasi. Dapat disimpulkan bahwa kesukaan pada packaging berilustrasi berpengaruh signifikan terhadap niat beli responden. Elemen warna memiliki nilai mean rank dan sum of ranks terhadap kesukaan sebesar 34,06 dan 1.703,00. Pengaruh kesukaan terhadap niat beli pada elemen warna juga dapat dilihat dari nilai mean rank dan sum of ranks niat beli adalah sebesar 36,12 dan 1.806,00. Elemen ilustrasi memiliki nilai mean rank dan sum of ranks terhadap kesukaan sebesar 66,94 dan 3.347,00. Pengaruh kesukaan terhadap niat beli pada elemen ilustrasi juga dapat dilihat dari nilai mean rank dan sum of ranks ilustrasi adalah sebesar 64,88 dan 3.244,00. Dapat disimpulkan bahwa elemen ilustrasi memiliki pengaruh dominan terhadap kesukaan dan niat beli konsumen pada beras kemasan di Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan. Penelitian ini tidak hanya dilakukan untuk menganalisis pengaruh elemenelemen packaging terhadap niat pembelian konsumen terhadap produk, tetapi juga dapat digunakan untuk memberikan manfaat bagi suatu bisnis. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh dari visual (packaging) sangat penting untuk mengarahkan dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bermanfaat bagi produsen beras kemasan dalam menentukan desain packaging yang tepat. Adapun implikasi bagi bisnis beras kemasan yaitu penentuan warna dan ilustrasi yang baik bagi packaging beras kemasan yang dapat diterapkan dalam praktek bisnis.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131720
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H12ffg.pdf
  Restricted Access
Fulltext813.68 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.