Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131667
Title: Analisis efektivitas bauran promosi pada Rita Pasaraya Wonosobo
Authors: WH. Limbong
Kurniawati, Nuri
Issue Date: 2009
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Perubahan pola konsumsi dan trend gaya hidup masyarakat memberikan dampak terhadap perubahan dalam berbelanja. Kondisi ini menyebabkan tumbuhnya berbagai jenis ritel seperti minimarket, supermarket, dan hypermarket. Toko-toko modern tersebut diperkirakan akan terus tumbuh dan toko tradisional akan secara pelan-pelan ditinggalkan meskipun tidak hilang sama sekali. Masing-masing supermarket berlomba-lomba menawarkan keunggulan bersaingnya, mulai dari variabilitas produk, produk yang ditata rapi, pelayanan dan kenyamanan yang diberikan sampai pada berbagai harga yang ditawarkan melalui berbagai bentuk promosi. Oleh karena itu; Rita Pasaraya sebagai ritel terbesar di Wonosobo berusaha menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat yaitu tempat belanja termurah dan terlengkap dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis efektivitas bauran promosi yang dilakukan Rita Pasaraya dan (2) Merumuskan strategi promosi yang tepat untuk diterapkan di Rita Pasaraya Wonosobo. Manfaat penelitian ini adalah (1) Bahan masukan bagi lembaga atau instansi terkait; (2) Sumber keterangan dan pengetahuan bagi masyarakat umum; dan (3) Sumber informasi dan referensi bagi penelitian lebih lanjut. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dari basil wawancara dan kuesioner sedangkan data sekunder dari dokumen perusahaan dan studi pustaka Pengolahan dan analisis data menggunakan software SPSS 15,00 dan Microsoft Exel, serta menggunakan EPIC Model (Empathy, Persuation, Impact, and Communication) untuk mengukur keefektifan promosi yang dilakukan. Bauran promosi yang dilakukan oleh Rita Pasaraya Wonosobo, yaitu : periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan perorangan Periklanan melalui media cetak, media elektronik, dan media luar ruangan. Promosi penjualan yang dilakukan meliputi: display toko, kontes, kupon, hadiah langsung, samples, voucher, special event, harga promo dan diskon. Hubungan masyarakat bertujuan membangun hubungan yang baik dengan publik dengan menghasilkan publisitas yang menyenangkan. Penjualan perorangan merupakan salah satu bentuk promosi langsung yang dilakukan oleh karyawan dan pramuniaga Rita Pasaraya. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131667
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H09nku.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.