Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131656
Title: Analisis efisiensi pemasaran jambu biji [Psidium guajava]: Studi kasus DEsa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor
Authors: Asmarantaka, Ratna Winandi
Sumardi, Dedi
Issue Date: 2009
Publisher: IPB University
Abstract: Kabupaten Bogor merupakan salah satu sentra terbesar komoditas jambu biji di Jawa Barat diantaranya di Kecamatan Sukaraja, Desa Cilebut Barat. Jambu biji yang dihasilkan oleh petani-petani di Cilebut Barat, biasanya dipasarkan melalui beberapa saluran pemasaran seperti dijual ke pedagang pengurnpul dan pedagang eceran serta melibatkan lembaga pemasaran lain seperti pedagang besar. Dari uraian tersebut dapat dirurnuskan beberapa permasalahan yaitu bagaimana sistem pemasaran jambu biji yang dilakukan petani di Desa Cilebut Barat serta apakah sistem pemasaran jambu biji di Desa Cilebut Barat sudah efisien?.Tujuan Penelitian mengidentifikasi dan menganalisis sistem pemasaran melalui saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran, struktur pasar dan perilaku pasar jambu biji -:li Desa Cilebut Barat dan menganalisis efisiensi pemasaran melalui margin pemasaran, farmer's share dan rasio keuntungan biaya yang diterirna petani ]ambu biji Desa Cilebut Barat. Kajian mengenai analisis efisiensi pemasaran usahatani jambu biji di Desa Cilebut Barat dibatasi pada beberapa hal antara Iain petani responden rnerupakan petanu jambu biji yang berlokasi di DeS1l Cilebut Barat dan lembaga pemasaran yang menjadi responden merupakiln Iembaga yang terlibat langsung dalam pemasaran jambu biji yang berasal dar(petani resportden. Peluang pasar jambu biji di dalam negeri lebih dititikberatkan untuk memenuhi kebutuhan konsurnsi rurnah tangga, swalayan, hotel - hotel, restoran serta industri olahan. Peningkatan pendapatan masy¥aJcat JJJernbuat permintaan terhadap konsurnsi buah-buahan semakin meningkat. Faktor lain yang mengindikasikan adanya peningkatan konsurnsi buah-buahan adalah perubahan gaya hidup masyarakat yang sadar akan kebutuhan gizi serta semakin dirasakannya rnanfaat buah-buahan termasuk jambu biji untuk berbagai macarn pengobatan: Analisis yang dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelurnnya pemilihan altematif saluran yang- relatif lebih efisien didasarkan pada nilai margin . pemasaran, nilaifarme 's share, nilai rasio kcuntungan terhadap biaya serta dilihat ;­ dari volume penjualan dan fungsi-fungsi pemasaran yang dijalankan. Proses pemasaran jambu biji di desa Cilebut Barat melibatkan beberapa lembaga pemasaran seperti petani sebagai produsen, pedagang pengurnpul, pedagang besar dan pengecer sampai ke konsumen akhir. Penelitian yang dilakukan menekankan pada beberapa bahasan utama yang menjadi dasar analisis yaitu struk-tur pasar, perilaku pasar dan keragaan pasar. Dari uraian tersebut, penelitian ini bertujuan mencari altematif saluran pemasaran jambu biji yang paling efisien. Dalam menganalisis efisiensi pemasaran biasanya mengukur efisiensi operasional dan efisiensi harga. Efisiensi operasional diukur dengan menganalisis margin pemasaran, farmer's share dan rasio keuntungan terhadap biaya. Sementara efisiensi harga diukur dengan menganalisis saluran pemasaran, fungsi dan lembaga pemasaran, struktur dan perilaku· pasar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131656
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H09dsu.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.