Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131623
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFarmayanti, Narni-
dc.contributor.authorKembaren, Friska Julianda-
dc.date.accessioned2023-11-10T06:38:08Z-
dc.date.available2023-11-10T06:38:08Z-
dc.date.issued2012-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131623-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi karakteristik konsumen dan mengetahui proses keputusan pembelian konsumen terhadap roti Unyil Venus, (2) menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan pelayanan roti Unyil Venus, dan (3) mengetahui kisaran harga roti Unyil Venus yang dapat diterima oleh konsumen. Penelitian ini akan dilakukan pada perusahaan Venus bakery yang menjual produk roti Unyil khas Bogor dengan merek Venus dan berlokasi di Jalan Siliwangi No. 27A Bogor. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2012. Penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive), data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel atau disebut juga responden dilakukan dengan metode non probability sampling jenisnya adalah Accidental Sampling dan jumlah responden yang diambil sebagai sampel sebanyak 100 orang. Pada pra penelitian dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan responden berjumlah 30 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa karakteristik konsumen roti Unyil Venus bakery yaitu sebagian besar konsumen yang berumur antara 25-30 tahun, berjenis kelamin perempuan, untuk persentase status pernikahan dari konsumen sebanding antara konsumen yang memiliki status pernikahan belum menikah dan menikah yaitu masing-masing sebanyak 50 persen, konsumen berdomisili di Bogor, dengan tingkat pendidikan sarjana, didominasi oleh konsumen berprofesi sebagai pegawai swasta dan konsumen yang memiliki penghasilan antara Rp 2.500.000,00 – Rp 3.500.000,00. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di roti Unyil Venus bakery adalah pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan pasca pembelian. Tahap awal yaitu pengenalan kebutuhan, mayoritas alasan/motivasi konsumen dalam membeli roti Unyil Venus ialah karena citarasa yang enak/lezat dan manfaat yang dicari konsumen yaitu roti Unyil Venus dijadikan sebagai oleh-oleh. Tahap pencarian informasi, sumber informasi sebagian besar diperoleh konsumen berasal dari teman, hal ini umumnya dikenal dengan penyampaian informasi dari mulut ke mulut (mouth to mouth). Bentuk kunjungan konsumen ke toko roti Unyil Venus sebagian adalah bersama keluarga. Jenis roti Unyil Venus yang menjadi favorit konsumen yaitu jagung, cokelat keju dan pisang keju cokelat. Tahap evaluasi alternatif, atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen ketika mengunjungi toko roti ialah citarasa dan toko roti Unyil Venus sudah melakukan dengan sesuai. Tahap keputusan pembelian, sebagian besar konsumen memutuskan melakukan kunjungan ke toko roti Unyil Venus yaitu tergantung situasi (jika sedang ingin), dan rata-rata pengeluaran konsumen ketika melakukan pembelian yaitu sebesar Rp 52.000,00 – Rp 104.000,00. Tahap pasca pembelian, seluruh konsumen mengatakan puas, akan melakukan pembelian ulang di kemudian hari dan merekomendasikan roti Unyil Venus kepada orang lain. Berdasarkan hasil analisis dengan Importance Performance Analysis (IPA) atribut yang berada pada kuadran prioritas adalah kecepatan pelayanan, waktu mengantri dan atribut keramahan dan pelayanan karyawan. Nilai indeks kepuasan keseluruhan sebesar 66,4 persen ini berada pada rentang skala 0,66-0,80. Hal ini berarti bahwa indeks kepuasan keseluruhan yang dihitung berdasarkan atribut produk mencakup produk maupun jasa dari roti Unyil Venus bakery berada pada kriteria puas. Rentang harga antara titik MCP dengan titik MEP merupakan kisaran harga yang tepat yang dapat diterima oleh konsumen (Range of Acceptable Price). RAP roti Unyil Venus bakery berkisar antara Rp 1.050,00 – Rp 1.350,00.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Agribusinessid
dc.titleAnalisis kepuasan Konsumen dan sensitivitas harga Roti Unyil Venus di kota Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordRoti Unyilid
dc.subject.keywordCustomer Satisfactionid
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H12fjk.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.