Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130940
Title: Analisis prioritas strategi bauran pemasaran pada Restoran Bakmi Raos Condet Jakarta Timur
Authors: Nurhayati, Popong
Nugroho, Aditya Ardi
Issue Date: 2009
Publisher: IPB University
Abstract: Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi mangakibatkan banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar rumah, yang pada gilirannya memperbesar kemungkinan untuk makan di luar. Peningkatan minat masyarakat untuk mengunjungi restoran juga disebabkan oleh perubahan pola pikir bahwa makan di luar meningkatkan harga diri (prestise) serta tuntutan kecepatan penyajian makanan menyebabkan masyarakat yang menjadikan makanan siap saji menjadi pilihan utama. Sistem waralaba yang memudahkan para pengusaha atau franchisee mewujudkan membuka usaha restoran dengan bantuan sistem produksi, pasokan bahan baku, lay-out restoran, sampai sistem pemasaran dari pemberi waralaba. Bakmi Raos merupakan salah satu waralaba lokal yang sedang berkembang saat ini. Usaha ini memenangkan juara pertama Oji Sam Soe Award 2006, pada kategori UKM terbaik. Bakmi Raos menawarkan konsep kerjasarna kemitraan dengan penekanan pada pembinaan kewirausahaan. Konsep franchisee ini tidak bergantung sepenuhnya pada Bakmi Raos. Tujuan penelitian ini (I) mendeskripsikan karakteristik waralaba restoran _Bakmi Raos Condet. (2) menganalisis sikap konsumen terhadap atribut Bakmi Raos Condet. (3) mengkaji altematif strategi bauran pemasaran yang dilakukan restoran Bakmi Raos Condet.(4) merumuskan prioritas strategi pemasaran yang tepat akan diterapkan Restoran Bakmi Raos men&,aunakan metode Proses Hierarki Analitik (PHA). Perbedaan penelitian ini dengan penelitian terdahulu yaitu komoditas yang dikaji dengan sistem waralaba pada usaha bakmi dengan menawarkan berbagai jenis makanan chinese food, western food clan daerah. Perbedaan juga pada alat analisis yang digunakim yakni model Sikap'Fishbein untuk menganalisis sikap konsumen dan Proses Hierarki Analitik untuk mengetahui dari pihak Bakmi Raos Condet mengenai strategi yang digunakan. Selain itu jumlah bauran pemasaran dari yang digunakan yakni produk, harga, tempat dan promosi. Pada penelitian ini ditambah dengan orang, proses dan bukti fisik sesuai perkembangan ilmu bauran pemasaran. Penambahan alat bauran pemasaran ini didasarkan karena restoran menurut Umar (2003) merupakan usaha yang bergerak dibidang barang dan jasa. Perpaduan hasil analisis ini dapat memperlihatkan dua sudut keinginan dari segi responden yang mewakili konsumen dan pihak manajemen pengambil keputusan dalam membuat kebijakan, sehingga diharapkan muncul suatu strategi pemasaran yang efektif digunakan. Perbedaan hasil dari dua metode analisis yang digunakan dapat menambah masukan informasi dalam membuat strategi. Perbedaan penelitian ini .yang tidak terdapat pada penelitian sebelumnya.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130940
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H09aan1.pdf
  Restricted Access
Fulltext4.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.