Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130870
Title: Analisis persepsi dan perilaku konsumsi rokok pada remaja laki-laki usia SMP di Kota Bogor
Authors: Dewi, Febriantina
Sari, Rika Kemala
Issue Date: 2009
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Rokok adalah basil olahan tembakau terbungkus termasuk cerutu atau bentuk lainnya. Menurut jenisnya, industri rokok di Indonesia dapat dibedakan atas dua kelompok utama produk yaitu rokok kretek (87 persen) dan rokok putih (13 persen). Dari aspek ekonomi, industri rokok terbukti mampu menggiatkan petani tembakau, menumbuhkan perdagangan tembakau, membuka kesempatan kerja di pabrik rokok, memantapkan investasi dalam industri rokok, menyumbang pendapatan negara melalui cukai tembakau, dan meningkatkan permintaan pemasangan iklan di media massa. Namun dari aspek sosial dan kesehatan, rokok sering diidentikkan dengan dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang muncul adalah remaja yang turut menjadi perokok aktif. Upaya pembatasan yang telah dilakukan oleh pemerintah terlihat tidak efektif. Tercatat 22,5 persen penduduk Kota Bogor berusia di atas 10 tahun merokok dan 68,5 persen diantaranya merokok sebanyak 7-12 batang sehari. Hasil Survei Kesehatan Daerah Kota Bogor (2006) menyatakan bahwa jumlah perokok remaja usia 13-15 tahun setiap tahunnya meningkat sebanyak 3-5 persen. Peningkatan jumlah remaja yang merokok berbahaya bagi kelangsungan dan masa depan suatu bangsa karena remaja adalah generasi penerus bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa di masa depan terletak di tangan remajanya. Sebagai solusi untuk masalah perokok pemula (remaja), diperlukan kesinambungan dari berbagai pihak untuk tidak hanya mementingkan keuntungan semata sehingga dapat disusun upaya pembatasan konsumsi rokok yang lebih efektif. Untuk upaya pembatasan yang lebih efektif, perlu diketahui bagaimana persepsi dan perilaku remaja terhadap produk rokok. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis persepsi remaja laki-laki usia SMP di Kota Bogor terhadap produk rokok, (2) menganalisis hubungan antara fatwa MUI dan persepsi remaja laki-laki usia SMP di Kota Bogor mengenai rokok, (3) menganalisis hubungan antara persepsi mengenai rokok dan keputusan konsumsi rokok oleh remaja laki- laki usia SMP di Kota Bogor, (4) menganalisis hubungan antara fatwa MUI dan keputusan konsumsi rokok oleh remaja laki-laki usia SMP di Kota Bogor, (5) menganalisis perilaku remaja laki-laki usia SMP di Kota Bogor dalam proses pengambilan keputusan konsumsi rokok, dan (6) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumsi rokok oleh remaja laki-laki usia SMP di Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor. Sampel penelitian ditentukan melalui metode Non-Probability Sampling dengan pendekatan Convenience Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Instrumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei 2009 terhadap 100 remaja laki-laki usia SMP yang tinggal di Kota Bogor. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130870
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H09rks.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.