Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130866Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Karnasastra, Tjetjep Ukman | - |
| dc.contributor.author | Zulham | - |
| dc.date.accessioned | 2023-11-06T13:09:02Z | - |
| dc.date.available | 2023-11-06T13:09:02Z | - |
| dc.date.issued | 2005 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130866 | - |
| dc.description.abstract | Rutan adalah salah satu sumber daya alam anugerah Tuhan yang memberikan peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagai sumber devisa, hasil hutan berupa kayu maupun non kayu hanya akan memiliki nilai ekonomis apabila dapat dikeluarkan dari dalam hutan atau telah sampai di tempat konsumen. Manajemen pemanenan kayu yang baik sangat diperlukan guna menjamin tercapainya kelancaran supply kayu sesuai dengan kebutuhan dan berke sinambungan. Pemilihan sistem pemanenan kayu yang baik harus dilakukan guna mencapai tujuan produktivitas dan efisiensi tinggi dengan mempertimbangkan aspek teknis dan ekonomis. Produktivitas suatu sistem pemanenan kayu sangat berpengaruh terhadap kemampuan pencapaian target yang telah ditentukan dalam jangka waktu tertentu, sedangkan efisiensi pernanenan kayu berpengaruh terhadap kontinyuitas produksi kayu. Sebagai salah satu rangkaian dari suatu kegiatan pemanenan, pengangkutan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena pengangkutan mem berikan kontribusi biaya terbesar dalam suatu kegiatan pemanenan kayu. Untuk itu kegiatan pengeluaran kayu dari dalam ke luar hutan hamslah diusahakan selancar mungkin dengan biaya serendah mungkin sehingga dapat dibia yai oleh nilai kayu yang diproduksi tanpa mengabaikan aspek ekoJogi. Menurut Brown (1958) dalam Togatorop (1999), Biaya pengangkutan mencakup sebesar 60 - 70 % dari biaya total pemanenan kayu. Mengacu kepada ha! tersebut, maka analisis terhadap pengangkutan terutan1a produktivitas peng angkutan dan analisis biaya sangat penting untuk dilakukan. Gambaran tingkat efisiensi kegiatan pengangkutan akan diperoleh dengan melakukan pengukuran terhadap produktivitas kerja dan analisis biayanya, yang mana data tersebut dapat dijadikan acuan dalam melakukan perbaikan sehingga efisiensi pengangkutan hasil hutan yang optimal dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan untuk menghitung prestasi kerja dan biaya pengangkutan hasit hutan kayu dengan menggunakan Loko di areal HPH PT. Diamond Raya Timber. Alat-alat yang dipergunakan dalam penelitian adalah stop watch, jam tangan, meteran, phi band, kompas, kamera, alat h1lis, tallysheet dan kalkulator. Adapun obyek penelitian adalah; loko, lori, pelori, excavator dan kayu bulat yang diangkut ke log pond. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer meliputi waktu kegiatan pengangkutan (waktu kerja memuat, waktu kerja mengangkut, dan waktu kerja membongkar), jarak angkut, volume kayu yang diangkut, dan data lainnya yang diperlukan. Data sekunder meliputi harga loko dan Jori, biaya bahan bakar minyak dan pelumas, jumlah jam kerja loko dalam satu tahun, biaya pembuatan jalan, upah muat dan bongkar, tingkat suku bunga, bonu s operator loko, dan data lainnya yang diperlukan…dst | id |
| dc.language.iso | id | id |
| dc.publisher | Bogor Agricultural University (IPB) | id |
| dc.subject.ddc | Loko | id |
| dc.subject.ddc | Biaya angkut | id |
| dc.title | Prestasi Kerja dan Analisis Biaya Pengangkutan Kayu Sistem Rel dengan Menggunakan Loko di Hutan Rawa Gambut Areal Konsesi PT. Diamond Raya Timber, Kabupaten Rokan Hilir-Riau | id |
| dc.type | Undergraduate Thesis | id |
| Appears in Collections: | UT - Forestry Products | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| E05zul.pdf Restricted Access | Fulltext | 4.65 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.