Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130774
Title: Preferensi konsumen supermarket di Bogor terhadap kualitas daging sapi ditinjau dari aspek lemak intramuskuler (marbling)
Authors: Soejoedono, R. Roso
Zulfiqri
Issue Date: 2003
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui preferensi konsumen supermarket terhadap kualitas daging sapi ditinjau dari aspek lemak intramuskuler dan Bengetahui jenis lemak intamuskuler pada daging sapi yang dihasilkan oleh peternak lokal Alat yang digunakan dalam penelitian adalah standar marbling daging sapi Sung terdiri atas 12 nomor marbling daging sapi berdasarkan Australian meat (Ausmeat) marbling chips dan kuesioner. Konsumen yang dipilih sebagai responden dalah 30 orang dari Supermarket Matahari Kedung Badak dan 30 orang dari Supermarket Hero Padjajaran Bogor. Selain itu juga dilakukan pengamatan secara langsung terhadap marbling daging dari sapi yang dipotong di RPH Bogor dan RPH Cakung-Jakarta. Analisis deskriptif dilakukan terhadap karakteristik responden yang meliputi jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, serta preferensi konsumen terhadap kualitas daging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian daging sapi oleh para konsumen dipengaruhi oleh penghasilan, pendidikan, dan harga. Konsumen daging sapi segar di Supermarket Matahari dan Supermarket Hero sebagian besar adalah wanita yang rata-rata penghasilan keluarganya diatas satu juta rupiah, serta tingkat pendidikan yang paling banyak adalah perguruan tinggi. Pekerjaan mereka umumnya adalah ibu rumah tangga, karyawan swasta, dan pegawai negeri sipil Dalam membeli daging konsumen supermarket tidak hanya membeli daging di supermarket tetapi juga membeli daging di tempat lain, pasar tradisional merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi. Hal yang paling banyak diperhatikan konsumen saat membeli daging adalah kualitas. Jenis daging yang paling banyak dikonsumsi konsumen supermarket adalah daging segar dengan alasan utama daging masih segar. Alasan konsumen belanja di supermarket sebagian besar karena kualitas terjamin dan pelayanan yang baik. Marbling daging sapi yang disukai konsumen supermarket adalah marbling daging sapi yang berkisar antara nomor 1 sampai nomor 5 dan yang paling disukai konsumen adalah marbling daging sapi nomor 1. Dalam memilih marbling daging sapi tersebut tidak ada perbedaan yang nyata antara konsumen Supermarket Matahari dan Supermarker Hero. Marbling daging sapi pada RPH, baik RPH Cakung maupun RPH Bogor sebagian besar adalah marbing yang bernomor 3 dan 4.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130774
Appears in Collections:UT - Anatomy, Phisiology and Pharmacology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
B03zul1.pdf
  Restricted Access
Fulltext5.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.