Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130520Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Damanhuri, Didin S. | - |
| dc.contributor.author | Maharani, Dara Restu | - |
| dc.date.accessioned | 2023-11-03T07:31:44Z | - |
| dc.date.available | 2023-11-03T07:31:44Z | - |
| dc.date.issued | 2012 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130520 | - |
| dc.description.abstract | Ketersediaan infrastruktur sebagai jaminan ekonomi sektor publik dan sektor swasta yang mampu mendukung kelancaran aktivitas masyarakat, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di Indonesia, kegiatan ekonomi didominasi oleh penggunaan transportasi darat. Jalan tol adalah salah satu infrastruktur fisik yang sedang dikembangkan di Indonesia mengingat pertambahan penduduk Indonesia yang cepat sehingga menuntut kebutuhan akan prasarana transportasi darat yang memadai Dampak ekonomi pembangunan jalan tol dapat dilihat dari berbagai indikator makro, antara lain angka pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja. Bagi wilayah yang sedang berkembang, pembangunan jaringan jalan tol berguna untuk meningkatkan aksesibilitas. Sedangkan jalan tol yang berada di kota-kota besar berguna untuk memperlancar mobilitas barang dan jasa. Investasi prasarana jalan diyakini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Namun terdapat dampak sosial dari pembangunan jalan tol yang tidak dapat diukur dari angkaangka saja karena pembangunan jalan tol di Indonesia masih terganjal banyak masalah yang merugikan rakyat di sekitar proyek pembangunan. Peningkatan investasi infrastruktur khususnya jalan tol memudahkan aksesibilitas antar kota di Indonesia, terutama kota-kota yang keberlangsungan kegiatan ekonominya tergantung pada kota-kota di sekitarnya. Kota Bogor sebagai salah satu hinterland Jakarta, perekonomiannnya juga dipengaruhi oleh Jakarta dan sekitarnya. Oleh karena itu diperlukan akses transportasi yang mudah dijangkau. Investasi infrastruktur pengadaan jalan tol yang sedang berjalan saat ini adalah Jalan Tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Outer Ring Road (BORR). Dalam penelitian ini, dampak pembangunan jalan tol terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja dianalisis menggunakan metode Ordinary Least Square. Multiplier effect jalan tol serta dampak sosial ekonomi pembangunan jalan tol terhadap masyarakat sekitar dihitung dengan mengambil sampel Jalan Tol BORR dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil estimasi menunjukkan bahwa panjang jalan tol dan investasi swasta berpengaruh positif dan nyata terhadap pertumbuhan ekonomi dengan koefisien masing-masing sebesar 1,5221 dan 0,04483. Panjang jalan tol juga memiliki pengaruh positif dan nyata terhadap jumlah tenaga kerja dengan koefisien sebesar 0,6922. Untuk analisis multiplier effect didapat nilai multiplier sebesar 1,8265. Jalan Tol BORR memberikan perubahan sosial ekonomi terhadap masyarakat sekitarnya, yaitu perubahan alih profesi atau status pekerjaan, perubahan perolehan penghasilan, dan gangguan yang dirasakan sebagian besar masyarakat karena adanya jalan tol tersebut. Gangguan berupa terputusnya akses jalan, kebisingan, keamanan, dan kondisi lingkungan yang menjadi banjir sejak adanya Jalan Tol BORR. | id |
| dc.language.iso | id | id |
| dc.publisher | IPB University | id |
| dc.subject.ddc | Economics and Development Studies - Economics and Development Studies | id |
| dc.title | Dampak pembangunan jalan tol di Indonesia terhadap perekonomian dan dampak sosial ekonomi Jalan Tol Bogor Ring Road | id |
| dc.type | Undergraduate Thesis | id |
| dc.subject.keyword | Toll roads | id |
| dc.subject.keyword | Economic growth | id |
| dc.subject.keyword | Employment opportunities | id |
| dc.subject.keyword | Ordinary least square | id |
| dc.subject.keyword | Socio-economic impacts | id |
| Appears in Collections: | UT - Economics and Development Studies | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| H12drm.pdf Restricted Access | Fulltext | 1.19 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.