Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130440
Title: Pembandingan analisis faktor dan metode biplot dalam pengembangan konsep produk
Authors: Wijayanto, Hari
Syamsu, Muhammad
Shadry, Fahmi
Sugihartini, Nanik
Issue Date: 1997
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Kemajuan teknologi dan peningkatan kebutuhan manusia menyebabkan pergeseran makna pemasaran.) Pemasaran sekarang lebih berorientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga perusahaan. harus selalu memberikan produk-produk yang memiliki keunggulan. Keunggulan dapat dicapai dengant inavasi produk secara terus-menerus Inovasi dilakukan terhadap atribut-atribut produk yang dianggap peating oleh konsumen. Dari 26 atribut produk yang dianalisis, dengan menggunakan analisis faktor diperoleh informasi bahwa faktor-faktor yang dijadikan pertimbangan oleh konsumen dalam memilih produk kesehatan adalah manfaat produk, kemasan, kecocokan, kepraktisan dan ekonomis. Penggunaan analisis faktor untuk melihat hubungan antara peubah dengan amatan tidak tepat. Sehingga penentuan inovasi untuk atribut dilakukan dari hasil metode biplot. Dari merek produk X yang dijadikan fokus pengembangan, atribut-atribut yang harus dijadikan prioritas pengembangan adalah mudah dibawa-bawa, harga terjangkau, tersedia dimana-mana kemasannya aman, dan tidak ada efek samping.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130440
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G97nsu.pdf
  Restricted Access
Fulltext857.19 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.