Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129871
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDewi, Farida Ratna-
dc.contributor.authorPutera, Panji Mahardika-
dc.date.accessioned2023-11-01T11:36:13Z-
dc.date.available2023-11-01T11:36:13Z-
dc.date.issued2012-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129871-
dc.description.abstractInovasi dan diferensiasi dapat dilakukan pada produk utama rumah makan, namun kesuksesan inovasi dan diferensiasi produk rumah makan tersebut sangat tidak bisa dilepaskan dari kepuasan konsumen dan kegiatan pembelian ulang yang dilakukan secara terus menerus pada produk tersebut. Rumah Cupcake & Bbq (RC) berdiri pada 9 November 2009 dengan konsep rumah makan yang unik, yaitu rumah makan yang menyajikan produk cupcake sebagai produk utamanya yang dapat dinikmati langsung di dalam rumah makan tersebut beserta. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen yang membeli produk cupcake di Rumah Cupcake & Bbq bogor, (2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut produk cupcake di Rumah Cupcake & Bbq Bogor, (3) Menganalisis loyalitas konsumen produk cupcake di Rumah Cupcake & Bbq Bogor. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Non Probability Sampling yaitu dengan teknik Convenience Sampling. Uji validitas dan reliabilitas kuesioner dilakukan kepada 30 sampel, diuji menggunakan metode Pearson Corelation Product Moment dan reliabilitas alfa cronbach. Atribut-atribut digunakan yang dalam penelitian ini adalah atributatribut dimensi produk, atribut karakteristik pelanggan yang loyal dan atribut brand loyalty. Data diolah menggunakan Microsoft Excell dan software IBM SPSS 19.00 for windows dengan alat analisis deskriptif (descriptive analysis) Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), analisis Karakteristik Pelanggan yang Loyal dan analisis Brand Loyalty. Hasil analisis IPA adalah terdapat 10 atribut yang dianggap penting oleh konsumen, namun kinerja dari atribut-atribut yang dimiliki ini belum maksimal dan dianggap belum sesuai dengan harapan konsumen. Atribut tersebut adalah atribut variasi pilihan rasa, variasi topping, bentuk hiasan topping, variasi filling, bentuk cupcake yang unik, tekstur, cita rasa produk cupcake yang dibawa pulang, umur produk, ketersediaan produk dan atribut hargaPenelitian dilakukan di Rumah Cupcake & Bbq Bogor. Nilai CSI yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,76 dan berdasarkan skala yang digunakan dapat dikatakan bahwa konsumen sudah merasa sangat puas. Berdasarkan analisis brand loyalty piramida loyalitas yang terbentuk sudah baik dan membentuk piramida terbalik, namun nilai kesetiaan konsumen pada setiap tingkatan dalam analisis brand loyalty belum ada yang mencapai 100 persen. Presentase konsumen yang menjadi switcher buyer adalah 45 persen, habitual buyer 62 persen, satisfied buyer 93 persen, liking the brand 96 persen dan commited buyer adalah 96 persen. Pada hasil uji Rank Spearman dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja atribut produk cupcake dengan kesetiaan konsumen habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand, dan commited buyer, namun terdapat satu tingkatan loyalitas brand loyalty yang tidak mempunyai hubungan signifikan dengan kepuasan konsumen pada kinerja produk cupcake yaitu switcher buyer.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Managementid
dc.titleAnalisis Biaya Standar Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi Pada UMKM Pia Piaku!, Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordBiaya standarid
dc.subject.keywordBiaya Produksiid
dc.subject.keywordKonsep pengendalianid
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H12pmp.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.