Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129869
Title: Analisis strategi bauran promosi Rumah Cupcakes & BBQ Bogor
Authors: Munandar, Jono M.
Utami, Tiara Artha Puri
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Setiap daerah pasti memiliki ciri khas yang membedakan dari kota-kota lainnya. Begitu pula dengan Negara Indonesia yang memiliki 33 provinsi yang memiliki suku budaya masing-masing. Keunikan atau ciri khas dari sebuah daerah dapat dilihat dari segi pariwisata, kuliner, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Terlebih lagi dengan kulinernya karena tidak lengkap jika berkunjung ke sebuah kota tidak mencoba makanan khas yang berada di kota tersebut. Salah satu kota yang memiliki makanan-makanan yang khas, obyek wisata dan lainnya adalah Kota Bogor. Salah satu makanan yang baru di Bogor adalah cupcakes, menu cupcakes ditawarkan oleh Rumah Cupcakes & BBQ. Restoran ini merupakan restoran yang pertama di Bogor yang menyediakan menu cupcakes selain itu restoran ini juga menyediakan Barbeque. Hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri karena di Bogor memiliki sekitar 88 restoran dan 137 rumah makan (Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Bogor,2010). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi bentuk bauran promosi Rumah Cupcakes & BBQ, (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi bauran promosi Rumah Cupcakes & BBQ, (3) Merumuskan strategi dan prioritas bauran promosi Rumah Cupcakes & BBQ. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara dilakukan langsung dengan administrasi Rumah Cupcakes & BBQ. Sedangkan untuk data sekunder, diperoleh melalui buku-buku pustaka serta referensi lain yang relevan dengan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah expert choice 11.5 dan microsoft excel 2007. Bentuk bauran promosi Rumah Cupcakes & BBQ terdiri dari (1) periklanan: media cetak, media elektronik, dan media luar ruangan, (2) penjualan personal: mendirikan stand, (3) promosi penjualan: pemberian bonus, (4) pemasaran langsung: adanya service delivery, (5) publisitas: menciptakan di benak konsumen bahwa produk Rumah Cupcakes & BBQ bermutu, (6) event: berfokus pada event untuk meningkatkan penjualan, (7) word of mouth: konsumen yang datang akan merekomendasikannya kepada rekan kerja, teman, dan keluarga. Faktor-faktor yang mempengaruhi bauran promosi adalah (1) Jumlah dana: menganggarkan sekitar 25 persen dari laba, (2) sifat pasar: a. luas pasar, yaitu lokal Bogor dan Jakarta, b. Konsentrasi pasar, berkonsentrasi pada peningkatan penjualan produknya untuk meningkatkan omset, c. macam pembeli, semua orang baik dari anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua, (3) jenis produk, merupakan barang konsumsi yaitu makanan dan minuman. Berdasarkan metode AHP, dari mulai elemen faktor sampai alternatif strategi Rumah Cupcakes harus menambah variasi menu agar konsumen tidak jenuh. Selain itu Rumah Cupcakes memperkuat promosi untuk meningkatkan omset dan mendukung kelangsungan hidup Rumah Cupcakes. Wakil supervisor memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan perencanaan di Rumah Cupcakes.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129869
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H12tap.pdf
  Restricted Access
Fulltext962.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.