Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129853
Title: Analisis keputusan pembelian dan tanggapan terhadap kemitraan Edam Burger di Jakarta Timur
Authors: Gonarsyah, Isang
Napitupulu, Andros Risria
Issue Date: 2007
Publisher: IPB University
Abstract: Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman (food and beverages) adalah Edam. Edam dalam memasarkan produknya mengadopsi sistem waralaba dengan bentuk business opportunity yang disebut sebagai Kemitraan Edam. Kemitraan dibentuk sejak tahun 2000 dan telah berkembang hingga tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali. Pertumbuhan franchisee Edam tetap ada walaupun penerapan sistem waralaba Edam berbeda dengan sistem waralaba mumi, ditambah dengan belum stabilnya perekonomian Indonesia. Namun perlu dikaji apakah sistem kemitraan ini dapat memberikan kepuasan pada mitranya dan apakah yang mempengaruhi mitra dalam pembelian kemitraan. Berdasarkan hal-hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik mitra (franchisee) perusahaan Edam, (2) mengetahui proses keputusan pembelian kemitraan Edam, (3) menganalisa tingkat kepuasan mitra terhadap atribut-atribut Edam. Penelitian ini dibatasi hanya pada mitra Edam pemilik counter tetap yang berada di daerah pemasaran Jakarta Timur. Pengolahan data dilakukan menggunakan microsoft Excel dan SPSS 11,4. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis statistika deskriptif untuk melihat karakteristik mitra, analisis kepentingan - kinerja (Importance - Performance Analysis) untuk menganalisa kepuasan mitra dan analisis varian ranking dua arah Friedman serta uji perbandingan berganda (Multiple Comparison) untuk mengetahui atribut-atribut apa saja yang dianggap penting oleh mitra berdasarkan urutan kepentingannya Dari hasil identifikasi karakteristik mitra didapat bahwa mayoritas Mitra Edam adalah perempuan (58%), sebagian besar berusia antara 26 sampai dengan 35 tahun, memiliki tingkat pendidikan terakhir setingkat SMU, mempunyai pekerjaan sebagai wiraswasta, telah berkeluarga, dan memiliki tingkat omset penjualan rata-rata per bulan sebesar Rp 500.000,00 hingga Rp 1.000.000,00. Sedangkan dalam kajian tahapan pengambilan keputusan pembelian kemitraan Edam diperoleh bahwa motivasi utama mitra membeli kemitraan Edam adalah keinginan untuk berwirausaha Sedangkan manfaat yang ingin diperoleh adalah untuk memperoleh pendapatan sampingan. Berdasarkan tingkat kebutuhannya, mitra menyatakan penting untuk membeli kemitraan Edam. Untuk pencarian informasi, mayoritas mitra sudah pemah mencoba produk Edam sebelum membeli kemitraan Edam dan informasi pertama yang diperoleh sebagian besar berasal dari teman. Yang menjadi sumber pengaruh terbesar dalam proses pengambilan keputusan adalah diri sendiri, sedangkan anggota keluarga hanya membuat mitra tertarik untuk membeli. Dalam mengevaluasi altematif pilihan, hal yang menjadi pertimbangan mitra dalam membeli kemitraan adalah harga dan atribut fisik berupa bentuk dan rasa produk Edam. Hampir seluruh mitra tidak memiliki pertimbangan kemitraan atau waralaba lain dalam mengevaluasi altematif pilihannya.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129853
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A07arn.pdf
  Restricted Access
fultext2.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.