Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129842
Title: Analisis Preferensi konsumen produk Energy Drink Sachet merek Extra Joss dan implikasinya terhadap strategi pemasaran: kasus di kawasan pabrikasi Kedung Halang, Bogor
Authors: Suryana, Rita Nurmalina
Ramadhan, Mohamad
Issue Date: 2007
Publisher: IPB University
Abstract: Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 220 juta orang merupakan konsumen potensial bagi produk makanan dan minuman. Pada tingkatan distribusi, industri minuman dan makanan secara langsung mempengaruhi penciptaan lapangan pekerjaan bagi lebih dari satu juta pedagang besar, menengah, dan kecil, dengan jaringan pemasar hingga lebih dari lima juta orang". Hal ini membuat perkembangan bisnis produk makanan dan minuman di Indonesia menjelma menjadi sesuatu yang sangat potensial. Salah satu potensi yang sangat berkembang saat ini adalah bisnis minuman berenergi. Pertumbuhan industri minuman berenergi dalam bentuk serbuk dan cair dipasar Indonesia sangat menjanjikan. Permintaan pasar terus meningkat tajam, menurut Badan Survey Energi Drink pada tahun 2005 volume pasar minuman energi mampu menyerap 314 juna liter atau 563 juta cases atau mengalami pertumbuhan sebesar 12 persen Jalam lima tahun terakhir dan pada tahun 2006 sudah melonjak sangat tajam mencapai 1,2 milyar cases (Kompas, 2007). Saat ini terdapat tiga jenis minuman berenergi yang beredar dipasaran, yaitu minuman berenergi kemasan sachet, tube (botol), dan tabla. Bila dibandingkan dengan kemasan botol dan tablet, para produsen minuman berenergi lebih banyak yang memilih untuk memasarkan produknya dalam kemasan sachet. Hal ini mungkin didorong oleh nilai pasar minuman berenergi kemasan sachet yang secara ekonomis memang sangat besar, yaitu Rp.1 trilyun per tahun dengan nilai penjualan sebesar 1,2 miliar sachet per tahun (AC Nielsen, 2007). Karakteristik produk yang simple, praktis, terjangkau, dan didukung dengan khasiat yang memang langsung dapat dirasakan, rupanya membuat produk sach: sangat cepat ditanggapi oleh pasar konsumen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129842
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A07mra1.pdf
  Restricted Access
Fulltext4.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.