Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129746
Title: Analisis Strategi Pemasaran Surat Kabar Harian Pagi Radar Bogor
Authors: Setiawan, Alim
Andrianto, Mokhammad Syaefudin
Arianti, Gusmia
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Surat Kabar Harian Pagi Radar Bogor merupakan surat kabar lokal yang terbit di Bogor. Banyaknya surat kabar yang beredar mengharuskan surat kabar-surat kabar tersebut bersaing. Perusahaan harus merancang strategi untuk dapat mempertahankan posisi serta mengetahui faktor yang diprioritaskan untuk kepuasan terhadap konsumennya dalam menghadapi kondisi persaingan yang ketat. Rancangan strategi berdasarkan faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan, dan faktor yang membentuk kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kepuasan konsumen, menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dominan, merumuskan alternatif strategi pemasaran sesuai kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan serta tingkat kepuasan konsumen, dan menentukan prioritas strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder baik secara deskriptif, kualitatif maupun kuantitatif. Data primer diperoleh berdasarkan pengamatan langsung dan wawancara dengan pihak manajemen perusahaan yang terdiri dari manajer pemasaran, manajer iklan dan redaksional, narasumber pemberitaan Surat Kabar Harian Pagi Radar Bogor dan ahli komunikasi. Selain itu, dipilih konsumen sebagai responden yang melakukan pembelian dan membaca Surat Kabar Harian Pagi Radar Bogor. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen perusahaan berupa data dan informasi dari perusahaan pada periode terkait dengan penelitian, serta gambaran umum usaha. Metode analisis yang digunakan terdiri dari matriks IFE, EFE, matriks IE, SWOT, IPA, CSI dan QSPM. Hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA) atribut yang dinilai penting namun kinerja perusahaan masih rendah (prioritas utama) adalah desain layout, kualitas cetak dan kualitas ulasan kolom Bogor Raya. Hasil Customer Satisfaction Index diperoleh tingkat kepuasan konsumen terhadap Surat Kabar Harian Pagi Radar Bogor adalah sebesar 69,24 persen atau 0,6924. Ini artinya pembaca Surat Kabar Harian Pagi Radar Bogor secara keseluruhan menunjukkan bahwa indeks kepuasan konsumen Surat Kabar Harian Pagi Radar Bogor terhadap atribut-atribut yang dianalisis adalah agak puas. Hasil wawancara dan observasi memberikan informasi bahwa kekuatan Surat Kabar Harian Pagi Radar Bogor yang dominan terletak pada beberapa diantaranya konsistensi dalam memuat berita lokal, jaringan distribusi yang tersebar luas dan suasana kerja yang menyenangkan. Kelemahan yang dominan dimiliki yaitu loyalitas agen, fasilitas kerja bagi karyawan, dan fasilitas kendaraan untuk distribusi. Peluang yang dominan dapat dimanfaatkan adalah adanya loyalitas konsumen, kebutuhan konsumen akan informasi lokal dan peningkatan minat baca masyarakat. Ancaman yang dominan dihadapi adalah persaingan surat kabar lokal dan media elektronik. Hasil analisis faktor internal menggunakan matriks IFE diperoleh skor terbobot sebesar 3,162 dan hasil analisis faktor eksternal menggunakan matriks EFE diperoleh skor terbobot sebesar 3,272. Hasil pemetaan pada matriks IE terletak pada sel I yang menunjukan bahwa perusahaan berada pada posisi grow and build (tumbuh dan berkembang). Alternatif strategi yang dipilih dari analisis SWOT dan IPA terdiri dari: 1) market development strategy, 2) brand image strategy, 3) product development strategy, 4) market penetration strategy. Hasil analisis QSPM, strategi terbaik yang harus dilakukan adalah product development strategy, yaitu menciptakan produk yang berkualitas dan melakukan inovasi yang berkesinambungan dengan meningkatkan kompetensi karyawan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129746
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H12gar.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.