Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129677
Title: Analisis faktor-faktor yang dipentingkan dalam proses pengambilan keputusan gadai nasabah pada PERUM Pegadaian
Authors: Munandar, Jono M.
Kusumah, Hajani Angga
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Lembaga keuangan di Indonesia dapat kita temui dalam berbagai bentuk, seperti jasa keuangan di bidang gadai yang sebenarnya sudah meluas di Indonesia dan masih dikuasai oleh Perusahaan Umum Pegadaian (Perum Pegadaian). Perum Pegadaian perlu melakukan inovasi yang melibatkan semua sisi manajemen terutama jika menyangkut rencana swastanisasi jasa gadai dan pembentukan UU Gadai. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengidentifikasi mengenai karakteristik dari nasabah Pegadaian, 2. Menganailisis proses pengambilan keputusan gadai terhadap nasabah Pegadaian, 3. Menganalisisi atribut-atribut produk yang dipentingkan serta mempengaruhi pengambilan keputusan nasabah dalam gadai khususnya gadai barang bergerak. Pengolahan data hasil pengisisan kuesioner terhadap nasabah gadai menggunakan model Analisis Faktor dengan alat pengolah data SPSS 16.0 dan PCA. Berdasarkan analisis faktor diketahui ada enam faktor yang terbentuk : faktor 1 (SDM) variabel-variabel yang masuk didalamnya adalah Pegawai cepat tanggap (pegawai sigap dan segera dalam melayani, Keramahan Pelayanan (pelayanan yang baik, pegawai yang bersikap hangat, ramah, dan bersahabat), Penanganan keluhan pelanggan cepat dan baik, Kelengkapan perlengkapan pendukung transaksi di Perum Pegadaian yang nyaman, rapi dan bersih, Persyaratan gadai mudah. Faktor 2 (Tampilan Produk) mempunyai anggota variabel Taksiran barang jaminan tepat, Penampilan karyawan baik dan rapi, Surat bukti kredit cukup inovatif. Faktor 3 (Harga) terdiri dari variabel :besarnya bunga/sewa modal yang dibebankn sesuai dengan kemudahan yang diperoleh Batas waktu pelunasan. Faktor 4 (Kenyamanan/comfortable) terdiri dari variabel :Lingkungan Perum Pegadaian yang nyaman, rapi, dan bersih, Jarak dari tempat duduk ke tempat transaksi cukup. Faktor 5 (Kualitas Promosi) terdiri dari variabel : Kemanan barang jaminan gadai, Iklan Perum Pegadaian yang menarik. Faktor 6 (Kualitas servis) terdiri dari variabel : kemudahan layanan lewat telepon, Lokasi Perum Pegadaian dijangkau dan transportasi mudah, dam Laporan dan informasi cepat diterima (waktu lelang, jatuh tempo). Pemberian nama faktor merupakan ketentuan dari peneliti, pemberian nama tersebut berdasarkan variabel yang dapat diukur langsung untuk menggambarkan faktor yang merupakan variabel yang tidak dapt diukur secara langsung.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129677
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H12hak.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.