Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129656
Title: Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan Fasilitas dan Penyediaan Kebutuhan Melaut di PPN Palabuhanratu, Sukabumi
Authors: Solihin, Iin
Muninggar, Retno
Hidayat, Muhammad Iqbal
Issue Date: 2013
Abstract: Penelitian ini bertujuan menentukan tingkat kepuasan nelayan di PPN Palabuhanratu serta tindakan yang harus dilakukan guna meningkatkannya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, lagging factor dan leading factor PPN Palabuhanratu dapat diketahui. Metode deskriptif kuantitatif dipergunakan dalam penelitian ini. Stratified purposive sampling dilakukan kepada nelayan selaku sumber data utama. Kuesioner kemudian disebar untuk mengumpulkan data, hasilnya kemudian dijadikan sumber data primer. Data dianalisis dengan menggunakan Customer Satisfaction Index, Important Performance Analysisdan Gap Analysis. Tingkat penyediaan fasilitas adalah 83,33% dan tingkat pemenuhan kapasitas produksi adalah 66,33%. Rata-rata tingkat kepuasan nelayan berdasarkan CSI adalah 69% dikarenakan nilai tersebut terletak pada selang 66% sampai dengan 80%, kepuasan nelayan terhadap pelayanan dikategorikan “puas”. Fokus perbaikan PPN Palabuhanratu adalah ketersediaan seragam dan tanda pengenal petugas, peningkatan kapasitas fasilitas, ketersediaan suplai kebutuhan melaut, kecepatan proses pembayaran uang lelang, dan maintenance/perawatan terhadap fasilitas yang tersedia serta perbaikan terhadap fasilitas yang rusak
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129656
Appears in Collections:UT - Fisheries Resource Utilization

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
C13mih.pdf
  Restricted Access
Fulltext607.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.