Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129502
Title: Analisis kepuasan wartawan terhadap kinerja humas Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI)
Authors: Erfiani
Indahwati
Anugerah, Rahadian
Issue Date: 2015
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Humas Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan wartawan. Fungsi wartawan sangat penting bagi BPOM RI sehingga kualitas pelayanan terhadap wartawan harus diperhatikan oleh humas BPOM RI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi wartawan terhadap pelayanan yang diberikan humas BPOM RI dan citra BPOM RI. Teknik pengambilan contoh pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah wartawan yang pernah meliput kegiatan yang diselenggarakan oleh BPOM RI selama bulan Januari sampai Juli 2015. Kepuasan wartawan terhadap pelayanan diukur dengan menggunakan pendekatan SERVQUAL yaitu keandalan, responsivitas, jaminan, empati, dan wujud. Secara keseluruhan responden sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh humas BPOM RI dengan skor CSI sebesar 84.56%. Hasil IPA menunjukkan masih terdapat atribut yang harus diperbaiki kinerjanya yaitu keramahan petugas dan respon terhadap keluhan wartawan. Citra BPOM RI yang diukur dengan menggunakan enam pendekatan yaitu dinamis, bekerjasama, bisnis, karakter, sukses, dan mampu menarik diri menunjukkan bahwa citra BPOM RI termasuk dalam kategori baik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129502
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G15ran.pdf
  Restricted Access
Fulltext746.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.