Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129354
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYuliati, Lilik Noor-
dc.contributor.advisorDjamaludin, M.D.-
dc.contributor.authorRestikowati, Vika-
dc.date.accessioned2023-10-31T01:51:21Z-
dc.date.available2023-10-31T01:51:21Z-
dc.date.issued2007-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129354-
dc.description.abstractTujuan umum dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara sumber informasi dengan evaluasi alternatif pada proses pemilihan merek susu anak usia 2-5 tahun. Adapun tujuan khususnya yaitu: (1) mengidentifikasi faktor individu yang meliputi usia, besar keluarga, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan perkapita, alokasi pengeluaran susu dan tingkat pengetahuan gizi, (2) mengidentifikasi jenis, jumlah, dan kombinasi kelompok sumber yang digunakan dalam memperoleh informasi mengenai susu untuk anak, (3) mengidentifikasi frekuensi perolehan informasi mengenai susu untuk anak, (4) mengidentifikasi sumber informasi yang dipercaya dalam memberikan informasi mengenai susu untuk anak, (5) menganalisis hubungan antara faktor individu (tingkat pendidikan, tingkat pendapatan perkapita, tingkat pengetahuan gizi) dengan evaluasi alternatif, (6) menganalisis hubungan antara jumlah sumber, jumlah kombinasi kelompok sumber dan frekuensi perolehan informasi dengan evaluasi alternatif, (7) menganalisis hubungan antara sumber informasi yang dipercaya dengan evaluasi attematif." Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah cross-sectional study. Adapun penelitian dilakukan di Kelurahan Tanah Sareal dan Keturahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa wilayah tersebut dekat dengan pertokoan, mall/supermarket/department store sebagai tempat penjualan berbagai merek susu. Waktu penelitian mulai dari persiapan hingga penulisan laporan adalah sembilan bulan sejak September 2006 hingga Mei 2007. Contoh dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak berusia 2-5 tahun. Pemilihan anak yang berusia 2-5 tahun dikarenakan pada umumnya anak usia tersebut sudah tidak mengkonsumsi air susu ibu (ASI) dan biasanya mengkonsumsi susu tambahan. Teknik penarikan contoh dari populasi dilakukan secara purposive. Jumlah contoh dalam penelitian ini adalah sebanyak 105 contoh. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari dala primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada contoh yang memiliki anak berusia 2-5 tahun. Data tersebut meliputi: (1) karakteristik individu berupa usia, besar keluarga, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, total pendapatan keluarga, alokasi pengeluaran susu per bulan dan pengetahuan gizi, (2) sumber yang digunakan dalam memperoleh informasi tentang susu untuk anak, frekuensi perolehan informasi dari masing-masing sumber serta sumber informasi yang paling dipercaya oleh contoh, (3) keterlibatan dalam melakukan evaluasi dan perbandingan serta pemilihan atribut susu yang menonjol. Sementara itu, data sekunder yang menunjang data primer diperoleh dari kecamatan, kelurahan, Posyandu, Rukun Warga (RW), serta Rukun Tetangga (RT) setempat...id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcPerilaku konsumenid
dc.titleHubungan sumber informasi dengan evaluasi alternatif pada proses pemilihan merek susu anak usia 2-5 tahun: kasus di Kelurahan Tanah Sareal dan Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal,Kota Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordProses pengambilan keputusanid
dc.subject.keywordKaidah keputusanid
dc.subject.keywordTipe pengambilan keputusanid
dc.subject.keywordKarakteristik individuid
dc.subject.keywordSusuid
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A07vre.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.