Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129104
Title: Analisis Kandungan Mikroplastik dalam Pasir dan Ikan Demersal: Beronang (Siganus sp.) dan Ayam-Ayam (Abalistes sp.) di Pantai Ancol, Palabuhanratu, dan Labuan
Other Titles: Analysis of Microplastic content on Sand and Demersal Fish: Beronang (Siganus sp.) and Ayam-ayam (Abalistes sp.) in Ancol, Palabuhanratu, and Labuan Beaches.
Authors: Farajallah, Achmad
Mashar, Ali
Widianingsih, Rossy Saputri
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Plastik merupakan polimer dari unit monomer. Plastik yang bermuara di pantai apabila terpapar sinar matahari atau ultraviolet dalam jangka waktu yang lama akan terdegradasi menjadi mikroplastik dengan ukuran ≤5 mm. Mikroplastik kemudian akan mengendap di dasar laut. Mikroplastik dapat ditemukan di pasir dan organisme laut yaitu ikan. Sampel pasir diambil dengan hand corer, kemudian dianalisis di laboratorium menggunakan mikroskop majemuk untuk mengetahui kandungan mikroplastik. Untuk mengetahui kandungan mikroplastik pada ikan, saluran pencernaan diambil, kemudian dihancurkan dan dianalisis menggunakan mikroskop stereo. Mikroplastik yang dianalisis dibedakan berdasarkan jenisnya, yaitu fragmen, film, fiber, dan pellet. Jumlah rata-rata mikroplastik tertinggi pada pasir yaitu di wilayah Palabuhanratu sebanyak 525 partikel/mL, kemudian disusul Ancol sebanyak 406 partikel/mL, dan terakhir Labuan sebesar 207 partikel/mL. Begitu pula jumlah rata-rata mikroplastik pada ikan yang tertinggi berasal dari Palabuhanratu. Berdasarkan jenis ikan, kandungan mikroplastik pada ikan Siganus sp., yaitu 13 partikel/ikan, lebih banyak dari kandungan mikroplastik pada ikan Abalistes sp., yaitu 10 partikel/ikan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129104
Appears in Collections:UT - Biology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G16rsw.pdf
  Restricted Access
Full Text789.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.