Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129042
Title: Keragaman Jenis Tumbuhan Pakan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) pada Musim Kemarau di Taman Wisata Alam Pangandaran
Other Titles: Diversity of Food-Plant of Long-Tailed Macaque (Macaca fascicularis) on the Dry Season in the Nature Park Pangandaran.
Authors: Dorly
Hadi, Islamul
Liani, Novi
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Pengamatan anatomi terhadap remahan sisa pakan yang terdapat dalam feses menjadi salah satu alternatif untuk mengetahui jenis tumbuhan sumber pakan yang dikonsumsi kelompok hewan khususnya primata tertentu baik semusim maupun berbagai musim. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi secara anatomi komposisi pakan dalam feses monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) pada musim kemarau di Taman Wisata Alam Pangandaran, Jawa Barat. Sampel feses yang digunakan merupakan sampel awetan yang diambil pada musim kemarau yaitu pada bulan Agustus 2011 dan Maret-Juli 2012. Sampel berupa feses monyet ekor panjang yang berisi remahan epidermis. Remahan tersebut dibuat sediaan mikroskopis berupa sayatan paradermal. Karakter yang diamati pada sediaan mikroskopis adalah tipe, bentuk, kerapatan stomata dan trikoma. Proporsi remahan pakan dominan monyet ekor panjang pada penelitian ini yaitu daun beringin (Ficus benjamina), buah ipis kulit (Decospermum fruticosum), buah rukem (Flacourtia rukam), dan buah kondang (Ficus glomerata).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129042
Appears in Collections:UT - Biology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G16nli.pdf
  Restricted Access
Full Text910.15 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.