Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128931
Title: Pengembangan media pendidikan gizi berbasis multimedia tentang Pedoman Gizi Seimbang bagi anak usia sekolah dasar
Authors: Amalia, Leily
Ekayanti, Ikeu
Syarifah, Rizwana
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Saat ini media informasi pengetahuan gizi anak sekolah masih terbatas pada poster dan leaflet yang sebagian besar kurang menarik dan kurang sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah. Materi yang dapat diberikan kepada anak-anak adalah panduan gizi seimbang (BNG) yang penting untuk pedoman pola makan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media edukasi gizi berbasis multimedia bertema bimbingan BNG yang sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar. Ada tiga media yang dikembangkan, terdiri dari cerita (M1), cerita interaktif (M2), dan permainan edukatif (M3). Langkah awal pembuatan media tersebut adalah penentuan tema yaitu pedoman gizi seimbang (BNG). Tahap selanjutnya adalah pembuatan ilustrasi menggunakan CorelDraw dan Adobe Photoshop yang dilanjutkan dengan proses pembuatan masing-masing media. Media ke-1 dan ke-2 dibuat menggunakan Microsoft PowerPoint 2010, sedangkan media ke-3 menggunakan Adobe Flash. Media pertama terdiri dari 28 slide yang mempunyai alur cerita pengenalan prinsip BNG (panduan gizi seimbang), sedangkan media kedua terdiri dari 51 slide dan mempunyai alur cerita penerapan prinsip BNG. Media terakhir adalah permainan edukasi yang terdiri dari lima tahapan, yaitu TGS, Cuci Bersih, Isi Piringmu, Waktunya Makan, dan Lari Yuk!. Ketiga media ini dibuat semenarik mungkin seperti: percakapan yang mudah dipahami, warna yang menarik, dan tata letak yang sederhana. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan dan daya ingat siswa terhadap materi tersebut.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128931
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I12rsy.pdf
  Restricted Access
Fulltext7.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.