Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128876
Title: Model persamaan struktural tingkat kepuasan pelanggan tepung terigu Bogasari
Authors: Aunuddin
Wigena, Aji Hamim
Afandi, Fahmi
Issue Date: 2007
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Tingkat kepuasan merupakan indikator yang penting bagi suatu perusahaan untuk mengatasi persaingan produk yang berlangsung begitu ketat. Tingkat kepuasan ini merupakan peubah yang tidak bisa diukur secara langsung atau dikenal juga dengan istilah peubah Intan. Peubah laten ini diukur dari peubah indikator dalam bentuk Model Persamaan Struktural. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan Model Persamaan Struktural tingkat kepuasan pelanggan tepung terigu Bogasari. Tingkat kepuasan pelanggan tepung terigu Bogasari dipengaruhi oleh enam indikator yaitu kualitas produk, kepopuleran merak, kualitas kemasan, harga produk, ketersediaan produk, dan kualitas pelayanan. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) mendapatkan model terbaik yang menggambarkan hubungan kausal antara tingkat kepuasan pelanggan dengan peubah laten dan peubah indikator dan (2) mengetahui indikator-indikator yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Hasil analisis Model Persamaan Struktural menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, ketersediaan produk, kualitas pelayanan dan kualitas kematan merupakan indikator yang berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan Kualitas produk memberikan pengaruh terbesar terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Sedangkan kepopuleran merek merupakan indikator yang berpengaruh negatif terhadap kepuasan. Kepopuleran merek Bogasari menyebabkan kepua pelanggan memurun sehingga merek yang terkenal tidak menjadi hal yang penting bagi pelanggan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128876
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G07afa1.pdf
  Restricted Access
Fulltext430.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.