Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128865
Title: Desain dan Kontruksi Kapal Gillnet Harapan Baru di Galangan Kapal Pulau Tidung
Authors: Iskandar, Budhi Hascaryo
Rahman, Dandi Maulyana
Issue Date: 2005
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Pembangunan kapal perikanan di Indonesia sampai saat ini masih dibangun secara tradisional tanpa didahului dengan gambar desain, konstruksi, dan perhitungan hidrostatik. Keahlian dalam membangun kapal diperoleh secara turun-temurun. Hampir 90 % kapal ikan di Indonesia terbuat dari kayu, walaupun masih menggunakan kayu sebagai material utama dalam membuat kapal, tidak menutup kemungkinan kapal-kapal ikan di Indonesia mampu beroperasi hingga perairan ZEE Indonesia bahkan lebih. Untuk itu perlu dilakukan penelitian yang menelaah tentang desain dan konstruksi kapal Gillnet yang dibangun di galangan kapal Pulau Tidung Kepulauari Seribu Jakarta Utara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memberikan info rmasi tentang desain dan konstruksi kapal di Indonesia yang sangat beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendokumentasikan cara pembuatan kapal Gillnet di galangan kapal Pulau Tidung; (2) Membuat gambar teknik bagi kapal Gillnet (gambar rancangan umum, rencana garis, rencana konstruksi); (3) Menentukan nilai parameter hidrostatik dan stabilitas awal kapal Gillnet. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2003. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif numerik. Analisa data yang dilakukan adalah membandingkan nilai parameter hidrostatik dengan kisaran yang telah ada dan ukuran konstruksi dengan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan analisa kurva GZ, inclining dan rolling period. Dari basil penelitian didapatkan bahwa dimensi utama kapal LOA = 11,7m; B = 2,8m; D = 1,08m; dan d = 0,54m. Kapal yang diteliti memiliki bentuk badan V bottom pada bagian haluan, pada bagian tengah badan kapal cenderung lebih besar sehingga bentuk round bottom dan pada bagian buritan kapal cenderung lebih rata. Pembagian ruangan kapal sudah baik, ini terlihat dari pembagian ruang diatas dan dibawah dek. Untuk perbandingan nilai dimensi utama 4,17 (LIB); 10,83 (LID); 2,6 (BID). Nilai parameter koefisien bentuk dari kapal gillnet sebesar Cb= 0,479; Cp = 0,659; Cvp = 0,554; Cw = 0,864; C<p = 0,727. Dari perhitungan inclining test didapat nilai KG maksimum = 1,08 m dan nilai rolling period = 2,6 det. Mesin yang d1gunakan adalah mesin darat berkekuatan 110 PS. Material yang digunakan dalam membuat kapal sangat beragam. Ini disebabkan karena harga kayu dengan mutu baik tidak dapat terjangkau oleh pengrajin. Material yang digunakan diantaranya adalah punaga, bungur, kapur, meranti batu, meranti, laban dan ulin. Kelemahan dari pembangunan kapal secara tradisional, dimana dengan tidak adanya perhitungan yang sesuai ini menyebabkan kapal sering mengalami kelebihan berat dalam segi konstruksi dan adanya sambungan-sambungan pada posisi yang seharusnya tidak diperbolehkan. Ketidaksesuaian dimensi kapal dengan fungsi kapal dan bentuk kapal juga tidak simetris. Cara pembangunan dengan mendahulukan papan kulit mengakibatkan fungsi dari gading-gading sebagai rangka utama menjadi berkurang. Berdasarkan nilai patokan dari Biro Klasifikasi Indonesia semua ukuran kayu yang digunakan dalam pembangunan kapal tidak sesuai dengan nilai yang telah ditentukan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128865
Appears in Collections:UT - Fisheries Resource Utilization

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
C05dmr.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.