Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128811
Title: Kajian Literatur Sistematik Potensi Mixed Reality untuk Proses Pembelajaran dalam Pendidikan Medis
Authors: Asfarian, Auzi
Pramudya, Muammar Naufal
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Teknologi yang telah berkembang hingga sekarang dapat dimanfaatkan dalam semua aspek kehidupan, terutama dalam aspek pendidikan atau pembelajaran. Penggunaan teknologi metaverse, seperti mixed reality, dapat diterapkan dalam pendidikan medis. Elemen pembelajaran dan metaverse akan dikaji dalam penelitian ini berdasarkan literatur dengan topik terkait. Penelitian ini merupakan Kajian Literatur Sistematik yang menggunakan metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses dengan tujuan untuk menganalisis potensi mixed reality yang dapat diterapkan dalam pendidikan kedokteran berdasarkan literatur terkait. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa elemen pembelajaran dan metaverse dalam pendidikan medis masih belum dapat diterapkan dengan maksimal yang ditandai dengan kurangnya interaksi dan pemahaman dari pelajar kedokteran terhadap konten pendidikan yang dipelajari melalui media mixed reality ini. Peneliti berharap penelitian ini dapat memberikan pemahaman tentang teknologi metaverse, khususnya mixed reality dalam pendidikan medis untuk pengajar dalam pendidikan medis sehingga dapat menerapkan teknologi mixed reality dalam pendidikan medis secara lebih optimal.
Description: Pengunggahan skripsi S1 sebagai syarat kelulusan
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128811
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi_G64190057.pdf
  Restricted Access
Cover360.52 kBAdobe PDFView/Open
[Skripsi] G64190057_Muammar Naufal Pramudya-signed (2) (1).pdf
  Restricted Access
Fulltext2.5 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran Skripsi_G64190057.pdf
  Restricted Access
Lampiran861.52 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.