Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128753
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Djuara P.-
dc.contributor.authorSari, Lia Camelia-
dc.date.accessioned2023-10-27T00:46:44Z-
dc.date.available2023-10-27T00:46:44Z-
dc.date.issued2003-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128753-
dc.description.abstractTelevisi adalah salah satu media komunikasi massa. Dari beragam media komunikasi massa, televisilah yang berhasil memikat lebih banyak khalayak daripada media massa lainnya. Hal ini disebabkan karena televisi merupakan media komunikasi massa yang memiliki keunggulan karakteristik, yaitu mampu menyampaikan pesan secara audio dan visual. Tujuan penulisan dari skripsi ini adalah untuk (1) mengidentifikasi pola wanita dalam menonton televisi, (2) mengetahui faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik yang mempengaruhi pola wanita dalam menonton televisi, dan (3) mengidentifikasi perbedaan antara motivasi menonton dan pemenuhan yang didapatkannya Penulisan skripsi ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui lembar isian harian dan kuesioner. Data sekunder dikumpulkan dari data umum yang berkaitan dengan Kompleks Perumahan IPB Baranangsiang II Bogor. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tabulasi silang dan uji korelasi Spearman yang dikerjakan dengan program SPSS (Statistical Packages for Social Sciences). Dari berbagai jenis media massa, masyarakat memilih yang dikonsumsi sesuai dengan kepentingannya berdasarkan kebutuhan (needs), keinginan (wants) dan kepentingan (requirements) mereka. Kebutuhan, motif, penggunaan media dan fungsi media yang saling berhubungan sedemikian rupa sehingga kebutuhan manusia tersebut menciptakan upaya pemenuhan kebutuhan. Sejumlah harapan dianggap akan dapat dipenuhi dengan cara mengkonsumsi media massa atau dengan sejumlah alternatif fungsional lainnya Faktor intrinsik atau faktor yang datang dari dalam diri khalayk yang dibahas dalam penelitian ini adalah umur, status perkawinan, kategori pekerjaan, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan. Faktor yang datang dari luar diri khalayak (ekstrinsik) adalah adanya informasi acara dan adanya pola pengambilan keputusan. Adanya informasi acara televisi dapat mempengaruhi seseorang untuk menonton televisi dan memilih program acara tertentu yang akan disiarkan. Informasi acara dapat diperoleh dari surat kabar harian, tabloid, majalah, iklan dan tinjauan acara televisi yang disajikan oleh masing-masing stasiun penyiaran televisi, Pola pengambilan keputusan dalam memilih acara televisi yang akan ditonton menurut Rogers seperti dikutip oleh Hanafi (1987) terbagi menjadi : (a) pola pengambilan keputusan otoritas, (b) pola pengambilan individual, yang dibagi lagi menjadi pola pengambilan keputusan opsional dan pola pengambilan keputusan kolektif, dan (c) pola pengambilan kontingensi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomics and Development Studiesid
dc.titleMotivasi, kepuasan, dan pola wanita dalam menonton televisi serta faktor-faktor yang mempengaruhinyaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordtelevision viewing patternsid
dc.subject.keywordtelevision viewing patterns analysisid
dc.subject.keywordSPSS (Statistical Packages for Social Sciences)id
dc.subject.keywordtelevisionid
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A03lcs.pdf
  Restricted Access
Fulltext10.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.