Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128688
Title: Evaluasi Permainan Edukasi Mobile Indonesia Menggunakan Playability Heuristics
Authors: Ardiansyah, Firman
Romadona, Iis Saisaria
Issue Date: 2015
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Permainan seperti mobile games atau permainan komputer saat ini telah berkembang sebagai media pembelajaran dan dikenal sebagai permainan edukasi. Permainan edukasi digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki unsur pendidikan, unsur kreativitas serta mendukung pengembangan berpikir kritis pada anak. Sebagian besar game publisher besar di Indonesia lebih memilih fantasy games yang hanya bersifat sebagai sarana hiburan. Hal ini membuat permainan edukasi menjadi tipe permainan yang jarang diperhatikan di kalangan pemain games di Indonesia. Evaluasi dibutuhkan sebagai acuan dalam pengukuran kegunaan dan fungsi-fungsi utama dalam pembuatan sebuah games. Skripsi ini meneliti 10 permainan edukasi di Indonesia dengan menggunakan evaluasi playability heuristics. Hasil dari penelitian ini adalah mengidentifikasi poin-poin evaluasi yang berdampak signifikan bagi permainan edukasi di Indonesia. Ratarata dari 10 games yang telah dievaluasi memiliki persentase game usability heuristics sebesar 83.15%, mobility heuristics sebesar 72.5% dan gameplay heuristics sebesar 63.33%.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128688
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G15isr.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.