Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128615
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAmalia, Leily-
dc.contributor.authorMaharani, Puspita-
dc.date.accessioned2023-10-26T07:30:44Z-
dc.date.available2023-10-26T07:30:44Z-
dc.date.issued2012-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128615-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis status iodium, status gizi dan skor kecerdasan kognitif (skor IQ); dan untuk menganalisis korelasi antara yodium status dan status gizi dengan kecerdasan kognitif dan prestasi akademik di kalangan siswa sekolah dasar. Sampel penelitian berjumlah 155 siswa sekolah dasar. Data penelitian dikumpulkan dengan cara pengukuran, wawancara menggunakan kuesioner, dan diperoleh dari instansi terkait. Hasil studi menunjukkan bahwa rerata status iodium siswa termasuk dalam kategori ringan kekurangan (median 60,0 µg/L). Berdasarkan indeks BMI/A, sebagian besar siswa (86,5%) berstatus gizi normal, sedangkan berdasarkan indeks H/A, pelajar dikategorikan status gizi normal lebih rendah yaitu 54,8%. Kebanyakan siswa memiliki kecerdasan kognitif sebagai “rata-rata” (58,1%) dan di bawahnya rata-rata (37,4%). Lebih dari separuh siswa (62,6%) mempunyai prestasi akademis prestasi yang dikategorikan “baik”. Berdasarkan uji korelasi spearman, Terdapat hubungan yang cukup signifikan antara status iodium dengan kognitif cerdas (p=0,064) dan juga prestasi akademik (p=0,051). Disana ada tidak ada korelasi antara kecerdasan kognitif dan status gizi diukur dengan indeks BMI/A (p=0,266) atau indeks H/A (p=0,376). Selain itu, di sana tidak ada korelasi yang signifikan antara prestasi akademik dan gizi status, baik dengan indeks BMI/A (p=0,472) maupun indeks H/A (p=0,174). Namun, Uji korelasi spearman menunjukkan adanya korelasi yang positif dan signifikan status iodium dan status gizi, baik berdasarkan BMI/A (p=0,003) maupun H/A (p=0,033), kecerdasan kognitif dan prestasi akademik (p=0,000).id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcHuman Ecology - Nutrition Scienceid
dc.titleStatus yodium, status gizi, dan kecerdasan pada anak sekolah dasar di wilayah pegunungan Kabupaten Cianjurid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordIodine statusid
dc.subject.keywordNutritional statusid
dc.subject.keywordCognitive intelligentid
dc.subject.keywordAcademic achievementid
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I12pma.pdf
  Restricted Access
Fulltext12.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.