Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128125
Title: Jaringan komunikasi dan pengetahuan sapta usaha sapi potong dalam kaitannya dengan karakteristik peternakan
Authors: Hadiyanto
Burhanuddin
Purnamadewi, Dwianty
Issue Date: 2004
Publisher: Bogor Agricultural University
Abstract: Perkembangan dunia peternakan tidak terlepas dari peran serta peternakan rakyat, dimana dalam mengadopsi informasi seputar sapta usaha sapi potong biasanya peternak mengadakan diskusi bersama. Dengan demikian terbentuklah pola komunikasi yang biasa dinamakan dengan jaringan komunikasi. Pada jaringan komunikasi dapat dilihat intensitas pertemuan yang terjadi diantara peternak dalam mendiskusikan informasi di bidang peternakan. Penelitian mengenai jaringan komunikasi dan pengetahuan sapta usaha sapi potong dalam kaitannya dengan karakteristik peternak ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi dan menggambarkan bentuk jaringan komunikasi diantara peternak, 2) mengetahui hubungan karakteristik peternak dengan pengetahuan sapta usaha sapi potong dan 3) mengetahui hubungan antara jaringan komunikasi dengan pengetahuan sapta usaha sapi potong. Metode penelitian yang digunakan adalah sensus terhadap 26 peternak yang masih aktif dalam usaha peternakan. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada bulan April - Mei 2004, di Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur - Jawa Barat. Data yang digunakan berupa data primer dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder diperoleh dari instansi terkait dan studi literatur. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis sosiometri, sedangkan untuk peubah bebas dan terikat menggunakan korelasi Rank-Spearman, diolah menggunakan progran SPSS untuk mendapatkan nilai korelasi. Hasil penelitian mengenai jaringan komunikasi yang terbentuk menunjukkan bahwa jaringan komunikasi di desa tersebut terdapat tiga klik dan memiliki tiga opinion leader pada masing-masing klik yaitu pada klik I peternak #6, klik II peternak #8 dan klik III peternak #22, di samping itu posisi bridge ditempati oleh peternak #7 dan #8 yang menghubungkan klik I dan klik II. Hasil penelitian mengenai hubungan karakteristik peternak dengan pengetahuan, diperoleh bahwa pengetahuan pada topik pemilihan bibit unggul memiliki persentase yang sama yaitu 50%, sedangkan pada topik pemberian pakan, sistem perkandangan, perkawinan, pemberantasan penyakit dan pemeliharaan memiliki persentase yang rendah. Pada topik pemasaran menunjukkan persentase tingginya jumlah peternak yang mengerti topik mengenai pemasaran, walaupun dengan nilai skor yang rendah. ingginya peternak yang memahami pemasaran disebabkan informasi yang didapatkan ebih mudah, yaitu berasal dari media (televisi dan radio) dan juga informasi secara turun-temurun.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128125
Appears in Collections:UT - Animal Production Science and Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
D04dpu2.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.