Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128047
Title: Analisis Hubungan Komunikasi Pemasaran dengan Loyalitas Konsumen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Konsumen Bumbu Wangi, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat)
Authors: Lubis, Djuara P
Anshori, Muhammad Zakiyan
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Tujuan penelitian ini ialah: (1) mendeskripsikan komunikasi pemasaran yang dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah; (2) Mendeskripsikan hubungan antara karakteristik responden dengan penerimaan komunikasi pemasaran; serta (3) Mendeskripsikan hubungan peran komunikasi pemasaran dengan loyalitas konsumen Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sejalan dengan subjek penelitian, yaitu konsumen UMKM, Restoran Bumbu Wangi dipilih menjadi objek penelitian, hal ini dikarenakan Restoran Bumbu Wangi memiliki segmentasi konsumen yang sangat beragam mulai dari pelajar, mahasiswa, dan orang dewasa. Penelitian ini adalah penelitian survei yang menggunakan data kuantitatif dan dengan data kualitatif sebagai penunjangnya. Responden dalam penelitian ini sebanyak 80 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Restoran Bumbu Wangi. Peneliti melakukan pemilihan responden pada penelitian ini dengan menggunakan teknik kluster acak berdasarkan pembagian waktu, dimana populasi dalam penelitian tidak diketahui secara pasti. Teknik ini mengambil sampel yang sedang berada di lokasi penelitian pada saat penelitian dilakukan. Data hasil pengolahan kuisioner disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan tabulasi silang. Sedangkan untuk menganalisis hubungan antar variabel penelitian dilakukan analisis statistik menggunakan uji Chi Square dan Rank Spearman. Komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Restoran Bumbu Wangi adalah dengan melakukan pembuatan baliho, flyer, personal selling dan promosi penjualan. Baliho yang sudah dibuat adalah sebanyak 6 buah dan ditempatkan pada 6 lokasi yang dianggap strategis. Flyer telah dibuat dan disebar lebih kurang sebanyak 1500 lembar pada empat wilayah strategis pula. Promosi penjualan Restoran Bumbu Wangi telah dilakukan dengan mempromosikan langsung Restoran Bumbu Wangi pada beberapa acara, antara lain pada orientasi mahasiswa baru IPB, pada seminar kewirausahaan yang diadakan oleh Career Deevelopment and Alumni Afair (CDA) IPB. Strategi personal selling dilakukan dengan merekrut 10 orang mahasiswa IPB lintas departemen dan angkatan untuk mempromosikan Restoran Bumbu Wangi dari mulut kemulut. Hubungan karakteristik responden dengan tingkat keterdedahan akan komunikasi pemasaran, diketahui bahwa faktor usia, pendidikan terakhir, tingkat pendapatan, jenis kegiatan utama, dan lokasi geografis yang ada pada konsumen tidak mempengaruhi tingkat keterdedahan mereka akan komunikasi pemasaran. Hubungan tingkat keterdedahan akan komunikasi pemasaran dengan loyalitas konsumen, diketahui bahwa tingkat keterdedahan komunikasi pemasaran konsumen tidak mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen tersebut. Pada hasil penelitian, faktor yang terbukti mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen UMKM adalah tingkat keterdedahan mereka akan bauran pemasaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128047
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I12mza.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.