Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127848
Title: Analisis saluran pemasaran ikan bandeng di pasar porda juwana Kecamatan Juwana Kabupaten Pati
Authors: Hanafiah, Ayub M
Sobari, Moch.Prihatna
Abdurahman, Haris
Issue Date: 2003
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan fungsi-fungsi pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, marjin pemasaran dan farmer's shure. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Purposive Sampling digunakan untuk menentukan 3 orang bandar dan Snowball Sampling digunakan untuk menentukan responden selanjutnya. Responden yang diperoleh adalah 3 orang bandar. 10 orang grosir dan 30 orang pengecer. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa saluran pemasaran melibatkan bandar, grosir dalam daerah, grosir luar daerah pengecer dalam daerah dan pengecer luar daerah Daerah pemasaran tidak hanya daerah Kabupaten Pati saja, tetapi juga sampai ke luar daerah yaitu Bandung. Daerah pemasaran yang jauh akan meningkatkan biaya pemasaran. Hal ini akan mendorong pedagang untuk menetapkan harga jual Ikan Bandeng yang tinggi. Saluran pemasaran yang paling menguntungkan adalah saluran pemasaran tingkat tiga di luar Kabupaten Pati. Farmer's share paling tinggi diperoleh saluran pemasaran (2) tingkat dua di dalam Kabupaten Pati.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127848
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
C03hab.pdf
  Restricted Access
Fulltext9.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.