Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127606
Title: Hubungan Keterdedahan Siaran Iklan Produk Susu Bubuk Balita di Televisi dengan Keputusan Pembelian: kasus ibu rumah tangga di Perumahan Villa Bogor Indah, Bogor
Authors: Hadiyanto
Saleh, Amiruddin
Samsi, Seanta Nugroho
Issue Date: 2005
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Sebagai sebuah media komunikasi massa televisi memiliki manfaat yang banyak baik bagi dunia hiburan maupun industri karena melalui iklan pada penayangan program televisi suatu produk dapat dikenal dengan mudah oleh banyak orang. Sejalan dengan maraknya iklan di televisi, ibu rumah tangga akan semakin mudah terdedah tayangan iklan yang muncul di sela-sela acara. Dengan demikian perilaku konsumtif masyarakat umumnya tidak kunjung mereda, bahkan sebagian besar konsumen membeli barang bukan lagi karena kebutuhan serta paham akan kualitas, kapasitas serta khasiat suatu produk, tetapi lebih karena terpikat oleh daya tarik promosi barang tersebut melalui iklan. Keputusan seseorang untuk membeli atau tidak produk yang diiklankan, antara lain sangat dipengaruhi oleh faktor kebutuhan terhadap produk yang diiklankan tersebut. Demikian pula faktor-faktor internal seperti persepsi terhadap iklan, usia, pendapatan, pekerjaan dan pendidikan tidak seluruhnya secara langsung mempengaruhi munculnya keputusan seseorang untuk menggunakan suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan keterdedahan siaran iklan produk susu bubuk balita (SBB) di televisi dengan keputusan pembelian yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Populasi ibu rumah tangga perumahan Villa Bogor Indah (VBI) yang memiliki balita adalah 515 orang. Sampel penelitian adalah 77 responden IRT yang memiliki balita di VBI, diambil secara simple random sampling. Data dikumpulkan selama sebulan dari tanggal 04 Oktober hingga 04 November 2004 dengan menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan. Hasil uji coba dengan teknik belah dua (split half technique) terhadap bagian II dan III kuesioner menunjukkan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,8548 dan 0,8549. Berarti kuesioner tersebut termasuk terandal. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, berupa frekuensi, tabulasi silang, persentase, uji korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Rank Spearman terlihat bahwa hubungan lama menonton dengan frekuensi pembelian SBB oleh responden yang memiliki hubungan tidak nyata negatif (P > 0,05). Begitupun frekuensi menonton dengan pengenalan terhadap iklan produk SBB memiliki hubungan tidak nyata negatif (P > 0,05). Hubungan yang negatif antara lama menonton dengan frekuensi pembelian mernperlihatkan bahwa lamanya menonton tidak mempengaruhi ibu rumah tangga dalam melakukan pembelian. Sementara hubungan yang negatif antara frekuensi menonton dengan pengenalan ibu rumah tangga terhadap iklan produk SBB menunjukkan bahwa informasi yang didapat mengenai produk SBB tidak hanya semata melalui media televisi saja. Lihatkan antara perhatian responden terhadap iklan produk SBB dalam satu hari dengan frekuensi pembelian SBB oleh responden. Hal ini menunjukkan bahwa responden tidak terlalu terpengaruh oleh iklan yang disajikan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dalam melakukan proses pembelian salah satunya adalah faktor pendidikan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127606
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
D05sns.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.