Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127548
Title: Daya saing dan kegiatan pemasaran komoditi paprika pada kelompok tani mitra Sukamaju, Desa Pasar Langu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung,Jawa Barat
Authors: Baga, Lukman M
Hidayat, Agus
Issue Date: 1998
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Di tengah berkembangnya isu globalisasi dan perdagangan bebas, kondisi persaingan akan menjadi penting. Produk-produk sejenis dari luar negeri akan mampu menggusur kedudukan produk sejenis dari dalam negeri atau sebaliknya, keadaan ini tergantung kepada faktor berbagai persaingan yang terjadi nanti. Kasus buah-buahan impor yang lebih banyak menempati swalayan dibandingkan buah-buahan lokal dapat diambil sebagai pelajaran berharga bagi komoditi lokal lainnya. Komoditi hortikultura (sayuran, buah-buahan, bunga), merupakan komoditi pertanian yang memberikan tingkat harga lebih baik dibandingkan komoditi konvensional (padi, palawija), keeksotisannya menjadikan hortikultura lebih banyak diminati golongan menengah ke alas. Paprika, merupakan salah satu komoditi hortikultura dari jenis sayuran yang sudah dapat dibudidayakan oleh petani skala usaha kecil di Indonesia. Pasar untuk paprika adalah golongan menengah ke atas, serta restoran-restoran dan rumah makan siap saji.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127548
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A98AHI.pdf
  Restricted Access
Fullteks4.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.