Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127412
Title: Optimalisasi resiko diversifikasi pemasaran buah-buahan pada Unit Usaha Puri buah dan bazar, divisi perdagangan PT.Intidaya Agrolestari
Authors: Ratnawati, Anny
Fitrianingsih, Wiwik
Issue Date: 1998
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Permintaan buah-buahan segar di dalarn negeri cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari besarnya volume pasar dalarn negeri yang menunjukkan kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan Bina Program Ditjen Tanarnan Pangan memproyeksikan bahwa setiap lima tahun pertumbuhan permintaan buah di dalam negeri mencapai lebih dari 6%. Pertumbuhan permintaan buah ini sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk yang disertai dengan meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat Indonesia. Dari segi konsumsi, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial, karena tingkat konsumsi buah masyarakat Indonesia masih tergolong rendah, yaitu 35 kg/kapita/tahun, dibanding tingkat konsumsi buah standar yang dianjurkan FAO yaitu 60 kg/kapita/tahun. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa peluang pemasaran buah di Indonesia di masa mendatang masih cukup besar dan akan terus meningkat. Besarnya peluang pemasaran buah di dalarn negeri mendorong para investor untuk menanarnkan assetnya dalarn bisnis pemasaran buah ini, sehingga persaingan dalarn pasar buah segar di dalarn negeri semakin meningkat. Situasi persaingan ini secara langsung ataupun tidak langsung akan dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalarn bisnis pemasaran buah seperti halnya PT. lntidaya Agrolestari (INAGRO), khususnya pada Divisi Perdagangan (Puri Buah dan Bazar), sebagai salah satu perusahaan agribisnis yang bergerak dalarn bidang distribusi dan pemasaran buah. Oleh karena itu, untuk dapat mempertahankan eksistensinya dalarn persaingan ini, maka INAGRO perlu merencanakan dan menerapkan strategi diversifikasi pemasaran yang tepat dengan mempertimbangkan besarnya resiko yang dihadapi dan keuntungan yang diharapkan perusahaan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari sejarah perkembangan dan garnbaran umum kegiatan perusahaan dalam memasarkan produknya, menganalisis tingkat resiko penerimaan diversifikasi pemasaran buah-buahan yang telah dilakukan perusahaan pada unit usaha Puri Buah dan Bazar dengan metode single index portofolio, menentukan kombinasi optimal dari produk yang dipasarkan yang memberikan resiko yang minimum dari diversifikasi pemasaran yang dilakukan perusahaan dan mengetahui kemungkinan implementasi hasil optimalisasi berdasarkan kondisi perusahaan saat ini.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127412
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A98WFI.pdf
  Restricted Access
Fullteks3.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.