Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127410
Title: Analisis perilaku konsumen kapsul herbal karyasari
Authors: Putri, Eka Intan Kumala
Setiawan, Andriyawan Dyan
Issue Date: 2003
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian produk Kapsul Herbal Karyasari. Selain itu juga menganalisis sikap/ persepsi konsumen terhadap atribut dari kedua Kapsul Herbal Karyasari dan menilai atribut yang dianggap ideal dan tidak ideal menurut konsumen. Dengan demikian dapat disusun rekomendasi kebijakan bauran pemasaran berdasarkan perilaku konsumen terhadap Kapsul Herbal Karyasari. Pengambilan responden dilakukan di empat lokasi Karyasari yang berbeda, yaitu Klinik Pondok Cabe di Jakarta Selatan, Klinik Bojong Indah di Jakarta Barat, Klinik Galur di Jakarta Pusat, dan Pusat Operasional di Jakarta Timur. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive), Karyasari hanya mendistribusikan dan menjual produk obatnya pada empat lokasi tersebut. Teknik pengambilan data resoponden dilakukan dengan metode Non Probability Judgment Sampling yaitu teknik pengambilan responden yang dilakukan dengan terlebih dahulu merumuskan kriteria-kriteria yang akan digunakan sebagai Tara penarikan responden. Pemilihan responden di lokasi penelitian dilakukan sec accidental dan jumlah responden yang diambil adalah sebanyak 100 orang. Karakteristik responden dan proses keputusan pembelian konsumen diperoleh diri perhitungan persentase responden yang disajikan dalam tabel tabulasi sederhana. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dianalisis dengan menggunakan alat analisis faktor. Sementara itu, metode Multiatribut Angka Ideal digunakan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap kedua Kapsul Herbal Karyasari yaitu kapsul herbal serbuk dan kapsul herbal ekstrak. Hasil Uji Friedman da Multiple Comparison digunakan untuk menentukan atribut-atribut yang dianggap ideal oleh konsumen dari kedua kapsul tersebut. Akhirnya berdasarkan hasil analisis perilaku konsumen tersebut. dirumuskan strategi bauran pemasaran yang mencakup strategi produk, harga, promosi dan distribusi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa karakteristik responden kapsul Herbal Karyasari adalah sebagian besar berjenis kelamin perempuan, berumur antara 51 sampai 60 tahun, suku bangsa Jawa, bekerja sebagai karyawan swasta, berstatus menikah, berpendidikan sarjana (S1), dan berpendapatan antara Rp 1.000.000 sampai Rp 2.500.000.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127410
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A03ads.pdf
  Restricted Access
Fulltext23.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.