Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127264
Title: Strategi dan Biaya Adaptasi Rumahtangga Dalam Menghadapi Banjir Luapan Sungai (Studi Kasus: Permukiman Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung)
Other Titles: ousehold Adaptation Strategies and Costs in Facing River Flood (Case study: Settlement in Andir Village, Baleendah Subdistrict, Bandung District).
Authors: Fauzi, Akhmad
Nuva
Saputri, Zara Dian
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Bencana banjir luapan sungai merupakan salah satu bencana yang sering melanda Kabupaten Bandung. Faktor penyebab banjir di wilayah tersebut adalah intensitas curah hujan yang tinggi, topografi wilayah yang berupa cekungan, dan rusaknya kondisi hulu Sungai Citarum. Salah satu daerah rawan banjir di Kabupaten Bandung adalah Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah. Intensitas dan frekuensi banjir yang sangat tinggi setiap tahunnya menyebabkan rumahtangga harus melakukan upaya adaptasi dan mitigasi dalam menghadapi banjir luapan sungai. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji strategi adaptasi melalui pendekatan ekonomi sumberdaya dan lingkungan. Tujuan penelitian ini secara khusus yaitu: (1) Mengkaji strategi adaptasi yang dilakukan rumahtangga dalam menghadapi banjir luapan sungai; (2) Mengestimasi besar biaya adaptasi yang ditanggung rumahtangga dalam menghadapi banjir luapan sungai; (3) Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi besar biaya adaptasi rumahtangga dalam menghadapi banjir luapan sungai; dan (4) Mengkaji realisasi program dan rencana program pemerintah Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa Barat untuk menangani banjir. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, pendekatan averting behavior method, dan analisis regresi linear berganda dengan model double log. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mayoritas responden melakukan strategi adaptasi fisik – individu dalam bentuk pembuatan panggung-panggungan; (2) Total biaya adaptasi yang ditanggung seluruh rumahtangga responden sampai pada tahun 2016 secara kumulatif sebesar Rp 1.615.818.368; (3) Faktor-faktor yang memengaruhi biaya adaptasi rumahtangga secara signifikan adalah pendapatan rumahtangga, jarak ke sungai terdekat, ketinggian banjir terparah, dan lama tinggal; (4) Realisasi program yang telah dilakukan pemerintah adalah normalisasi dan penguatan tebing Sungai Citarum dan Sungai Cisangkuy serta pembangunan Check DAM. Sementara itu, rencana program yang akan dilakukan pemerintah adalah pembangunan kolam retensi Cieunteung, pembuatan floodway Cisangkuy, dan penyelesaian normalisasi empat anak Sungai Citarum.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127264
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H16zds.pdf
  Restricted Access
Fulltext19.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.